SEO Vs PPC: Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangannya

google news

Manakah yang lebih efektif untuk bisnis di antara SEO vs PPC? Sebenarnya, SEO dan PPC sama-sama efektif tergantung pada situasinya. Keduanya bertujuan untuk meningkatkan traffic dan penjualan. Namun, terdapat perbedaan mendasar di antara keduanya.

Jika Anda bingung untuk memilih di antara keduanya, artikel ini akan membantu Anda memahami perbedaan antara SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay-Per-Click), kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta bagaimana mengintegrasikan keduanya dalam strategi pemasaran digital untuk hasil yang optimal.

Apa Bedanya SEO Vs PPC?

Perbedaan antara SEO dan PPC perlu dipahami sebelum mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan keduanya.

Definisi SEO dan PPC

SEO bertujuan untuk meningkatkan peringkat situs web secara organik dalam hasil pencarian tanpa biaya. Peringkat yang lebih tinggi biasanya menghasilkan traffic yang lebih besar ke situs Anda.

Hasil organik yang muncul dalam hasil pencarian dapat beragam, termasuk daftar organik, peta, panel pengetahuan, cuplikan unggulan, gambar, video, atau kotak FAQ.

Di sisi lain, PPC berfokus pada menargetkan pengguna melalui kombinasi kata kunci dan audiens untuk menampilkan iklan berbayar di halaman hasil pencarian.

Iklan PPC terdiri dari judul dan deskripsi teks. Namun saat ini, iklan PPC di hasil pencarian bisa mencakup elemen tambahan seperti tautan situs, gambar, peringkat bintang, profil bisnis lokasi, nomor telepon, dan lebih banyak lagi.

Perbedaan SEO dan PPC

Perbandingan antara SEO dan PPC sering terlihat pada halaman hasil pencarian yang mencakup iklan berbayar (PPC) dan hasil organik (SEO). Ada beberapa perbedaan utama antara SEO dan PPC, selain dari biaya. Di bawah ini adalah uraiannya.

SEO

  • Biaya tidak langsung
  • Potensi traffic yang berkelanjutan dan tak terbatas
  • Butuh waktu untuk melihat hasilnya
  • Sering dianggap lebih kredibel
  • Mungkin sulit bersaing di industri tertentu
  • Penargetan menggunakan kata kunci dan frasa
  • Dampak jangka panjang yang berkesinambungan

PPC

  • Biaya langsung per klik
  • Potensi traffic terbatas oleh anggaran
  • Hasil yang hampir instan
  • Dapat dianggap kurang kredibel
  • Mampu bersaing langsung dengan pesaing yang lebih besar
  • Berbagai opsi penargetan
  • Dampak jangka panjang sepanjang durasi kampanye

Kelebihan dan Kekurangan SEO

Terdapat kelebihan dalam mengimplementasikan SEO pada bisnis Anda. Namun, terdapat pula kekurangan di baliknya. Di bawah ini adalah uraiak kelebihan dan kekurangan dari SEO.

Kelebihan

  • SEO dapat lebih ekonomis dalam jangka panjang karena traffic-nya secara teknis “gratis”, tidak memerlukan pembayaran per klik seperti PPC. Meskipun membutuhkan biaya tidak langsung seperti penggunaan ahli SEO, alat optimasi, dll., investasi ini akan memberikan pengembalian yang menguntungkan dalam jangka waktu yang panjang.
  • Memberikan traffic yang berkelanjutan dan stabil dari waktu ke waktu. Upaya awal dalam SEO bisa mengalirkan traffic ke situs meskipun anggaran PPC terbatas atau dibatasi. Dengan strategi SEO yang terkendali, ketergantungan pada iklan berbayar bisa dikurangi, meningkatkan efisiensi pemasaran.
  • Meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan merek. Hasil organik cenderung lebih dipercayai daripada iklan, sehingga peringkat yang tinggi menunjukkan otoritas bagi audiens target.

Kekurangan

  • Butuh kesabaran untuk melihat hasilnya.
  • Kompetitif dan memerlukan upaya berkelanjutan untuk mempertahankan posisi.
  • Rentan terhadap perubahan algoritme mesin pencari yang dapat memengaruhi visibilitas situs.
  • Menghasilkan konten berkualitas bisa menjadi rumit, terutama bagi bisnis kecil.
  • Visibilitas organik dapat dipengaruhi oleh dominasi iklan di halaman hasil pencarian.
  • Menetapkan tujuan dan metrik pengukuran yang jelas sejak awal akan memudahkan evaluasi keberhasilan upaya SEO dan menentukan apakah diperlukan penyesuaian strategi.

Kelebihan dan Kekurangan PPC

Sebelum mengambil keputusan untuk menginvestasikan dana dalam PPC, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Adapun uraian dari kelebihan dan kekurangan PPC sebagai berikut.

Kelebihan

  • PPC memungkinkan penargetan yang sangat spesifik kepada audiens yang tepat. Berbagai opsi penargetan seperti kata kunci, demografi, gaya hidup, kontekstual, dan penempatan membantu menyempitkan jangkauan iklan, memastikan pengeluaran PPC mengarahkan traffic yang relevan ke situs Anda, yang pada akhirnya, menghasilkan pelanggan yang lebih sesuai.
  • PPC dapat menunjukkan hasil secara instan. Peluncuran kampanye PPC pertama bisa dilakukan dalam beberapa jam. Berbeda dengan traffic organik yang memerlukan waktu untuk membuktikan efektivitasnya, iklan PPC dapat segera ditampilkan setelah kampanye diluncurkan. Ini merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan traffic situs web dan penjualan dengan cepat.
  • Lebih mudah untuk melakukan uji coba dan eksperimen dengan PPC. Tidak hanya memberikan hasil yang cepat, tapi juga lebih cepat dalam pengukuran dan optimalisasi. Pengujian A/B dapat dilakukan dalam skala besar di platform iklan seperti Google Ads. Semakin cepat data dikumpulkan, semakin cepat pula data tersebut bisa dianalisis, diuji, dan dioptimalkan untuk hasil yang lebih baik.

Kekurangan

  • Biaya dapat menjadi sangat tinggi.
  • Iklan kadang dianggap kurang kredibel.
  • Traffic berhenti secara tiba-tiba ketika anggaran habis.
  • Efisiensi iklan dapat menurun seiring waktu.
  • Penargetan kata kunci dalam PPC telah mengalami relaksasi dalam beberapa tahun terakhir.

Lebih Baik Menggunakan SEO atau PPC?

Lantas, lebih baik menggunakan SEO atau PPC? Jawabannya, tergantung pada situasi dan kondisi Anda. Idealnya, Anda dapat menggunakan keduanya. Namun, jika ternyata itu tidak memungkinkan, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Anggaran

Apabila Anda terbatas oleh anggaran atau bahkan tidak memiliki alokasi anggaran pemasaran yang signifikan, fokus pada SEO mungkin menjadi strategi yang lebih ekonomis dalam jangka panjang.

Mengutamakan pembuatan konten berkualitas untuk membangun kesadaran merek melalui praktik SEO terbaik dapat membantu mengarahkan traffic jangka panjang ke situs Anda.

Meskipun membutuhkan biaya tidak langsung di awal untuk mengidentifikasi sumber daya yang tepat, seperti orang, agensi, atau alat yang dibutuhkan untuk SEO, investasi ini bisa membayar dengan nilai jangka panjang.

Produk atau Layanan Khusus

Untuk mendapatkan traffic organik, situs Anda harus memperoleh peringkat untuk topik atau kata kunci yang sedang dicari oleh pengguna.

Apabila produk atau layanan yang Anda tawarkan berada di dalam industri niche, mendapatkan traffic organik mungkin akan lebih sulit atau memerlukan waktu yang lebih lama.

Dalam situasi semacam ini, berinvestasi dalam PPC dapat membantu dalam mempercepat kesadaran merek dan memberikan dorongan signifikan pada traffic.

Persiapan Peluncuran atau Penjualan Produk

Anda mungkin akan meluncurkan produk baru di pasar yang belum dikenal sebelumnya. Jika orang tidak memiliki pengetahuan tentang produk tersebut, mereka tidak akan tahu cara mencarinya.

Memanfaatkan PPC sebelum atau sekitar peluncuran produk baru atau untuk mempromosikan penawaran besar adalah pilihan terbaik dalam situasi ini.

Ketika mempromosikan penjualan, tidak hanya sebatas berinvestasi dalam PPC untuk meningkatkan traffic, tetapi juga dapat menggunakan iklan atau materi promosi dalam iklan pencarian atau iklan belanja.

Bisnis Lokal atau Bisnis Fisik

Jika bisnis Anda berfokus pada aspek lokal, investasi dalam Local SEO menjadi sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang. Strategi SEO lokal yang efektif akan membantu merek Anda muncul dalam hasil pencarian lokal.

Strategi ini sangat vital untuk menarik pelanggan di wilayah sekitar Anda. Memastikan situs web Anda atau Google Business Profile (GBP) memiliki peringkat tinggi secara organik akan membantu mengurangi ketergantungan pada iklan PPC dalam konteks lokal.

Persaingan Produk yang Ketat

Situasi di mana produk Anda memiliki persaingan yang ketat membutuhkan usaha, waktu, dan ketekunan besar untuk meraih peringkat organik yang diinginkan. Meskipun begitu, tidaklah bijaksana untuk mengesampingkan SEO dalam hal ini.

Investasi dalam SEO pada industri yang sangat kompetitif tetap relevan. Namun, PPC menawarkan kesempatan untuk bersaing secara langsung dengan perusahaan besar. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan kata kunci yang bersaing, meski yang dibutuhkan cenderung tinggi.

Dengan anggaran yang memadai, PPC bisa memberikan dorongan cepat pada traffic dan penjualan sementara strategi SEO jangka panjang masih dalam pengembangan.

Bagaimana Jika Menggunakan Keduanya Secara Bersamaan?

Adalah kesalahpahaman umum bahwa SEO dan PPC bersaing satu sama lain. Sebaliknya, merek yang sukses memanfaatkan SEO dan PPC karena keduanya saling melengkapi, bukan bersaing.

Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan SEO dan PPC secara bersamaan.

Sambungkan Search Console dengan Iklan Google untuk Berbagi Data

Mengaitkan Search Console dengan Google Ads memberi wawasan berharga. Laporan berbayar dan organik di Google Ads memberikan data penting untuk PPC dan SEO.

Analisis laporan ini membantu memahami interaksi antara iklan PPC dan hasil organik, serta membantu menentukan fokus dan prioritas upaya.

Jika peringkat organik sulit untuk kata kunci yang sangat kompetitif, iklan PPC dapat meningkatkan visibilitasnya.

Namun, jika situs sudah memiliki peringkat baik untuk kata kunci spesifik dengan volume pencarian rendah, tidak perlu memprioritaskan kata kunci tersebut dalam kampanye PPC.

Memasarkan Konten Organik melalui Iklan PPC

Jika Anda telah menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat konten situs web tetapi tidak ada yang melihatnya, hal tersebut bisa dianggap sebagai upaya yang sia-sia.

Memperluas jangkauan konten seperti blog, video, atau whitepaper melalui iklan PPC dapat secara cepat menjangkau audiens target Anda. Walaupun konten berkualitas cenderung mendapat peringkat tinggi dalam jangka panjang, proses ini memerlukan waktu.

Penggunaan PPC atau iklan berbayar di platform media sosial dapat meningkatkan eksposur terhadap konten tersebut.

Menggunakan PPC untuk Uji A/B Copy dan Halaman Tujuan

Salah satu keuntungan dari PPC adalah kemampuan untuk belajar dan menguji lebih cepat. Namun, pembelajaran ini tidak hanya berlaku untuk iklan PPC. Prinsip ini harus diterapkan secara menyeluruh!

Apabila Anda menguji salinan iklan atau desain halaman tujuan yang menghasilkan keunggulan yang jelas, versi yang lebih unggul tersebut harus diimplementasikan di situs web Anda.

Kesimpulan

Alih-alih membandingkan SEO vs PPC, penting untuk mempertimbangkan keduanya secara bersamaan. Kedua strategi ini memiliki potensi untuk saling melengkapi, mendukung, dan dapat digunakan bersama-sama untuk memperluas kehadiran online serta meningkatkan penjualan dan prospek.

Terdapat waktu di mana SEO diutamakan dibandingkan dengan PPC, begitu pula sebaliknya, yang bergantung pada kondisi tertentu yang telah dijelaskan sebelumnya. Penentuan yang tepat untuk merek Anda akan bergantung pada berbagai faktor.

Dengan menjaga fokus pada kedua aspek tersebut dalam strategi pemasaran, Anda dapat menciptakan rencana pemasaran digital yang holistik, memungkinkan sinergi antara SEO dan PPC untuk mencapai tujuan yang lebih optimal.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved