Pengertian Local SEO dan Fungsinya Untuk Bisnis Anda

Apa itu Local SEO dan mengapa pencarian lokal menjadi hal yang sangat penting untuk perkembangan bisnis anda?

Local SEO adalah salah satu bagian dari strategi SEO yang menargetkan users di wilayah sekitar lingkungan tempat bisnis anda berada.

Secara sederhana, pencarian lokal ini berfokus pada peningkatan peringkat atau visibilitas website anda di hasil pencarian lokal seperti Google Map.

SEO organik merupakan strategi untuk meningkatkan performa atau rangking halaman website di pencarian organik. Rangking pada pencarian organik tersebut ternyata memiliki dampak positif pada rangking pencarian lokal.

Dengan tingginya search inten users terhadap informasi tertentu yang berkaitan dengan produk atau bisnis anda dan Google telah memprioritaskan hasil pencarian berdasarkan lokasi tertentu, tentu saja ini adalah sebuah peluang yang besar bagi anda.

Meskipun Local SEO dan SEO saling berhubungan, namun masih-masing memiliki teknik dan strategi yang berbeda.

Apa itu local SEO?

local seo,pengertian local seo,local seo adalah

Local SEO adalah teknik dalam SEO untuk meningkatkan local search results atau hasil pencarian lokal.

Teknik SEO yang satu ini dapat membantu meningkatkan visibilitas lokasi bisnis anda di halaman pertama dan teratas pada mesin pencari Google.

Seperti contoh, jika bisnis anda adalah travel umroh di Surabaya, kemudian ada orang dari Surabaya yang sedang mencari referensi travel agency dan dia mengetik di mesin pencari Google “travel umroh”, atau “travel haji”. Jika Local SEO website anda sudah teroptimasi dengan bagus, maka lokasi kantor anda kemungkinan besar akan dimunculkan oleh Google di bagian teratas mesin pencari.

 Fungsi Local SEO untuk Bisnis Anda

Berdasarkan hasil penelitian dari Google, hasil dari pencarian lokal sangatlah penting untuk bisnis, dan berikut detailnya:

  • 76% users yang mencari produk berdasarkan pencarian lokal akan mengunjungi lokasi tersebut kurang dari 24 jam, dan 28% dari total pengunjung tersebut akan melakukan pembelian.
  • 30% dari users yang mencari informasi di mesin pencari Google selalu berkaitan dengan lokasi tertentu.
  • 61% users melakukan pencarian lokal setiap hari.
  • 82% konsumen membaca review atau rating bisnis anda di Google map ketika melakukan pencarian lokal dan setidaknya menghabiskan 14 menit untuk membuat keputusan.
  • 86% orang mengandalkan Google Maps untuk menemukan lokasi tertentu.
  • 74% pembeli di dalam toko yang melakukan research secara online sebelum secara fisik tiba di toko dan mereka menelusuri hal-hal seperti [toko terdekat di dekat mereka], [lokasi], dan jenis informasi hyperlocal lainnya.
  • Lebih dari 50% pengguna internet di seluruh dunia menggunakan mobile phone untuk pencarian lokal.
  • 83 users menggunakan Google search untuk mencari tahu lokasi bisnis terdekat mereka, 55% dari total users tersebut menggunakan Google Maps, 44% Apple Maps, 39% menggunakan Yahoo, dan 31% menggunakan bing

Cara Optimasi Local SEO

Berikut adalah beberapa cara optimasi Local SEO yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan bisnis anda:

  1. Optimasi Google My Business: Google My Business adalah platform yang dikelola oleh Google di mana bisnis lokal dapat mengelola informasi mereka, termasuk alamat, nomor telepon, jam operasional, ulasan, dan foto. Memastikan profil Google My Business Anda lengkap dan akurat sangat penting dalam SEO lokal.
  2. Kata Kunci Lokal: Penggunaan kata kunci yang relevan dengan bisnis dan lokasi Anda dalam konten dan metatag situs web Anda merupakan faktor kunci dalam SEO lokal. Misalnya, jika Anda memiliki toko roti di Surabaya, kata kunci seperti “toko roti Surabaya” akan membantu Anda muncul dalam hasil pencarian yang relevan.
  3. Optimasi Konten Lokal: Menyediakan konten yang relevan dengan lokasi Anda adalah penting. Ini bisa berupa artikel blog, halaman deskripsi bisnis, atau ulasan produk dan layanan. Konten harus mencerminkan konteks lokal dan mencakup kata kunci yang relevan.
  4. Ulasan Pelanggan: Ulasan positif dari pelanggan di platform seperti Google My Business dan situs ulasan lainnya dapat membantu meningkatkan peringkat Anda dalam hasil pencarian lokal. Ulasan memberikan bukti sosial dan kepercayaan kepada calon pelanggan.
  5. Optimasi Media Sosial: Aktivitas di media sosial, termasuk berbagi konten relevan dengan bisnis Anda dan berinteraksi dengan pengikut Anda, dapat mendukung upaya SEO lokal.
  6. Optimasi Citations: Citations adalah penyebutan bisnis Anda di situs web dan direktori online lainnya. Pastikan informasi kontak Anda konsisten di semua sumber ini.
  7. Mobile Optimization: Karena banyak orang mencari bisnis lokal melalui perangkat seluler, pastikan situs web Anda dioptimalkan untuk tampil dengan baik pada perangkat seluler.
  8. Pemahaman Geo-Targeting: Geo-targeting adalah teknik di mana Anda menargetkan kampanye pemasaran Anda pada wilayah tertentu, yang membantu Anda menjangkau calon pelanggan dalam jangkauan bisnis Anda.
  9. Partisipasi dalam Komunitas Lokal: Terlibat dalam komunitas lokal, baik melalui organisasi bisnis lokal, sponsor acara komunitas, atau partisipasi dalam kegiatan sosial, dapat membantu membangun citra positif dan visibilitas bisnis Anda di daerah Anda.

Penutup

Dengan besarnya peluang bisnis kita bisa meroket dengan melakukan Local SEO, maka wajib hukumnya untuk menerapkan strategi optimasi pencarian lokal.

Follow akun instagram kami di @amsa.studio dan dapatkan informasi-informasi menarik seputar Amsa Studio dan kabar digital marketing. Jika anda membutuhkan team SEO untuk perusahaan, silahkan gunakan jasa SEO kami. Dapatkan jasa SEO dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved