Bagaimana Cara Menaikkan Peringkat di Google Menurut Danny Sullivan

Bagi sebagian orang yang menggeluti dunia SEO, mungkin pernah timbul pertanyaan di benak tentang bagaimana cara menaikkan peringkat di Google?

Danny Sullivan dari tim Google Search menekankan prioritas kepuasan pengguna ketimbang hanya mengutamakan peningkatan peringkat di Google. Industri SEO tumbuh melalui kolaborasi antara para ahli yang berbagi pengetahuan tentang cara memperoleh peringkat tinggi di Google.

Google mengakui manfaat kerja sama dengan industri SEO, membentuk hubungan saling menguntungkan antara Google dan mereka yang ingin memanfaatkan mesin pencarinya.

Namun, hal ini memicu obsesi para profesional SEO dalam mengurai setiap pernyataan resmi dari Google, berharap menemukan rahasia atau cara cepat meningkatkan peringkat.

Meskipun industri ini memiliki keberuntungan dengan ketersediaan informasi dan komunikasi online, saran tentang metode terbaik untuk mencapai peringkat di Google beragam. Beberapa percaya adanya formula faktor peringkat atau cara singkat.

Namun, pesan intinya adalah bahwa daripada mencari rahasia atau trik untuk peringkat, semua yang diperlukan untuk berhasil dan terlihat di hasil pencarian Google sebenarnya tersedia secara umum – langsung dari Google.

Panduan Inti Dari Google Telah Konsisten Selama 20 Tahun

Danny Sullivan dari Google Search menyoroti prinsip keinginan Google dalam serangkaian tweet, menegaskan pentingnya pendekatan yang bersifat logis dan bukanlah hal baru. Dia menyoroti keyakinan beberapa orang akan adanya panduan baru, padahal pedoman yang sama telah ada sejak lama.

Pentingnya konten bermanfaat dan terpercaya serta fokus pada User Experience menjadi sorotan Sullivan. Dia menggarisbawahi paradoks dalam nasihat lama Google tentang tidak membuat konten semata-mata untuk kepentingan mesin pencari.

Google, sebagai mesin pencari dominan selama lebih dari 20 tahun, fokus pada pengembangan produk untuk memuaskan pengguna dan memberikan hasil terbaik sesuai keinginan mereka.

Ini menjadi dasar bagi semua upaya Google yang tak pernah berubah. Namun, cara manipulatif untuk peringkat tidak sejalan dengan prinsip jangka panjang yang berpusat pada kepuasan pengguna.

Ada dua jenis profesional SEO: mereka yang mencari peringkat cepat dan mereka yang membangun kehadiran online berkelanjutan untuk pengguna. Tetapi, pendekatan yang berfokus pada keuntungan cepat tidak memberikan manfaat jangka panjang.

Bagi mereka yang ingin membangun merek dan kehadiran yang berkelanjutan, diperlukan pendekatan berbeda yang berkolaborasi dengan Google.

Prioritas Google adalah menciptakan pengalaman positif bagi pengguna, yang pada akhirnya memberikan manfaat bagi semua pihak, terutama pengguna dan bisnis.

Google Menginginkan Logika yang Masuk Akal, UX, dan CRO yang Berkelanjutan

Google mengusung pendekatan yang didasarkan pada logika, User Experience (UX), dan Conversion Rate Optimization (CRO) yang konsisten.

Danny, dalam serangkaian tweet-nya, menyatakan bahwa Google telah mempertahankan panduan serupa selama lebih dari 20 tahun: “Buatlah halaman untuk pengguna, bukan untuk mesin pencari.”

Nasihat ini mungkin menjadi yang terbaik bagi mereka yang ingin meningkatkan kehadiran mereka secara daring. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, Google berfokus pada konten yang memberikan respons terbaik terhadap kueri yang diajukan.

Dalam paradigma SEO klasik, performa bergantung pada berbagai faktor. Kueri dapat memiliki sifat transaksional, navigasional, atau informatif, dan setiap niche memiliki persyaratan yang unik. Bahkan, beberapa kata kunci memiliki maksud yang berbeda antara bentuk jamak dan tunggal.

Pentingnya pemahaman terhadap niat pengguna kemudian menjadi fokus utama dalam memberikan pengalaman terbaik, dengan mempertimbangkan beberapa hal:

  • Keterjangkauan halaman tersebut.
  • Kepastian dalam menjawab pertanyaan pengguna.
  • Kelogisan dan kelengkapan jawaban yang diberikan oleh halaman tersebut.
  • Struktur halaman yang mudah dipahami dan diakses.

Namun, pembuatan halaman tidak secara otomatis mendatangkan pengguna. Faktor-faktor seperti otoritas domain/merek, relevansi topik, sinyal dari pengguna, serta tautan, semuanya berdampak pada peringkat halaman.

Penting untuk tidak mengabaikan kemajuan AI generatif yang semakin menekankan pentingnya menjadi sumber informasi yang berkualitas dalam konten yang disajikan.

Danny Sullivan menggarisbawahi esensi ini dengan menanyakan, “Apakah konten tersebut memberikan informasi yang terpercaya, seperti sumber yang terperinci, bukti akan keahlian, serta latar belakang tentang penulis atau situs yang tercantum, seperti tautan ke halaman penulis atau halaman ‘Tentang’ situs?”

Dalam serangkaian tanggapannya, Danny menyarankan untuk melupakan pendekatan umum dalam praktik SEO, seperti keyakinan bahwa memiliki halaman ‘Tentang’ akan meningkatkan peringkat. Dia menegaskan bahwa apa yang efektif untuk satu merek atau situasi belum tentu berlaku untuk merek atau situasi lainnya.

Tidak ada pendekatan “one-size-fits-all” dalam SEO, inilah yang membuat bidang ini menarik dan menantang. Sebaliknya, disarankan untuk mempertimbangkan motivasi pengguna sebagai pusat dari strategi, serta membuat User Experience informasi semudah mungkin bagi mereka. Fokus utama bagi para ahli SEO adalah UX dan CRO, yang lebih sesuai dengan keinginan Google daripada strategi lainnya.

Bangun Strategi SEO Anda Berdasarkan Fundamental

Bangun strategi SEO Anda dengan dasar-dasar yang esensial. Setelah mengerti bahwa mencapai visibilitas online yang berkelanjutan melibatkan gabungan antara User Experience (UX), strategi konten, dan teknik SEO, mulailah merancang strategi SEO tahan lama.

Konsep E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness) dapat dianggap sebagai panduan yang menyatukan elemen-elemen tersebut. Pendekatan berpusat pada manusia, yakni “membuat halaman untuk pengguna, bukan untuk mesin pencari.”

Mereka yang bertanggung jawab dalam mengelola SEO untuk sebuah merek atau sedang membangun kehadiran merek secara online dalam jangka panjang, pendekatan ini menjadi fondasi terbaik untuk mencapai kesuksesan yang langgeng.

Inisiatif terkini seperti Helpful Content System dan pengumuman tentang cara baru menemukan informasi dalam hasil pencarian menunjukkan langkah Google dalam menampilkan konten yang lebih berpengalaman dan otoritatif.

Dengan adopsi Artificial Intelligence (AI) dan Search Generative Experience dalam hasil pencarian, perubahan dalam SEO berlangsung cepat. Prioritas utama Google adalah memberikan jawaban terbaik untuk pertanyaan pengguna, dengan pengembangan Machine Learning dan Artificial Intelligence yang terus diperbaiki.

Search Engine Results Pages (SERP) menjadi semakin personal dengan penekanan Google terhadap sinyal yang mencerminkan kepuasan maksud pengguna untuk memberikan hasil yang lebih baik.

Kesimpulan

Dalam SEO, User Experience jadi kunci – berinvestasi pada keinginan mereka untuk respons klik. Google Search Central menyoroti Helpful Content System sebagai pembeda untuk mempertimbangkan respons pengunjung.

Sistem ini menghasilkan sinyal untuk situs dan otomatis mengidentifikasi konten kurang bermanfaat atau tidak memberi nilai tambah yang signifikan bagi pengunjung.

Google sangat hati-hati dalam pengaturan algoritme dan sistemnya untuk melindungi kualitas produk. Instruksi pasti dari Google dapat menyebabkan spam di hasil pencarian. Namun, mereka memberikan saran tentang meningkatkan situs dengan informasi lebih bermanfaat.

Pesan inti dari Danny Sullivan adalah pindah dari fokus pada peringkat ke fokus pada kepuasan pengguna. Ini karena tujuan Google adalah memberikan hasil terbaik pada pertanyaan pengguna.

Follow akun instagram kami di @amsa.studio dan dapatkan informasi-informasi menarik seputar Amsa Studio dan kabar digital marketing. Jika anda membutuhkan team SEO untuk perusahaan, silahkan gunakan jasa SEO kami. Dapatkan jasa SEO dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved