6 Keuntungan Google Ads Untuk Meningkatkan Performa Bisnis Anda

6 Keuntungan Google Ads Untuk Meningkatkan Performa Bisnis Anda – Saat ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa internet dan jejaring media sosial merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup manusia. Adanya internet membuat manusia mampu mendapatkan informasi secara instan.

Platform internet seperti Meta yang menaungi Facebook dan Instagram, lalu Google yang menaungi Youtube, Google Search, dan sebagainya, merupakan platform internet yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Masing-masing dari platform tersebut memiliki ciri dan fungsi yang berbeda.

Meta lebih kepada menyediakan sarana komunikasi virtual yang dapat mengkoneksikan satu manusia dengan lainnya. Sedangkan Google adalah bank informasi yang bersifat menerima dan membagikan informasi kepada masyarakat secara luas.

Dengan besarnya gelombang traffic dari masyarakat yang menggunakan platform internet tersebut, maka secara bisnis sangatlah bagus untuk dijadikan tempat promosi / iklan. Iklan yang ditempatkan di platform internet bisa dikatakan jauh lebih efektif daripada iklan di baliho atau media masa dari sudut pandang biaya dan durasi masyarakat melihatnya.

Keuntungan Google Ads Untuk Bisnis

Menurut data dari Statcounter, mesin pencari internet yang paling banyak digunakan pada tahun 2021 adalah Google dengan presentasi sebesar 97,33%. Dengan angka setinggi itu maka sudah dapat dipastikan bahwa google merupakan platform penyedia informasi yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat.

Melakukan paid ads dengan Google ads merupakan langkah yang tepat jika ingin meningkatkan performa penjualan bisnis anda. Sekitar 80% masyarakat memiliki perilaku research kecil sebelum membeli produk atau jasa. Research tersebut berbentuk pengumpulan informasi melalui platform internet seperti mesin pencari google.

Keuntungan Google Ads adalah iklan anda akan berada di bagian paling atas mesin pencari ketika seseorang menggunakan keyword tertentu. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas secara mendalam tentang keuntungan Google Ads untuk bisnis anda.

Biaya Minimal dan Hasil Terukur

Jika anda adalah seorang advertiser atau pemilik bisnis yang kerap beriklan di berbagai media konvensional, anda pasti sudah tahu bahwa tidak ada alat ukur yang jelas untuk iklan anda. Selain itu, biaya produksi materi dan iklan itu sendiri sangatlah mahal.

Jika anda beriklan di media masa besar seperti koran, untuk tayang satu hari saja di kolom yang sangat kecil anda membutuhkan uang jutaan hingga puluhan juta. Tentu saja jika skla bisnis anda masih level UMKM hal tersebut bukanlah hal yang baik.

Keuntungan google ads adalah anda tidak perlu mengeluarkan biaya hingga berjuta-juta setiap harinya. Bahkan jika anda berikan di Google search, bisa dikatakan bahwa anda hanya beriklan kepada orang-orang yang memang sedang mencari jenis produk yang sama dengan produk anda.

Rata-rata untuk UMKM anda hanya perlu mengeluarkan dana sekitar 100 – 300 ribu perhari, tergantung seberapa luas jangkauan dan jumlah orang yang anda targetkan. Setiap kata kunci memiliki harga yang berbeda, tergantung tingkat kompitisinya.

Keuntungan beriklan di google ads adalah anda dapat mengukur tingkat keberhasilan dan berapa orang yang memang tertarik dengan produk anda. Hal tersebut karena adanya fitur-fitur seperti Klik dan Konversi.

Hasil Instant

Jika anda mengetahui tentang pengertian SEO, maka anda pasti tahu betul bahwa untuk meningkatkan rangking keyword website anda sangatlah susah dan membutuhkan waktu yang terkadang sangat panjang.

Keuntungan google ads yang akan anda dapatkan adalah anda tidak perlu lagi menunggu dan berusaha keras untuk dapat berada di halaman pertama google. Jika anda memasang iklan google ads, website anda akan berada di halaman pertama secara instan.

Ketika berada di page one

Jika anda pernah mendengar istial SEO dalam digital marketing, maka Google ads memiliki peran yang kurang lebih sama dengan SEO namun secara instant.

Jika dalam SEO anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk meningkatkan rangking keyword dalam mesin pencari,

Di mesin pencari, bisnis memiliki peluang emas untuk tampil di depan orang-orang pada saat yang tepat ketika mereka mencari produk atau layanan mereka.

Tetapi jika peluangnya sangat besar, persaingan juga akan sangat tinggi. Itu sebabnya peringkat organik di mesin pencari adalah tugas yang memakan waktu dan melelahkan. Dengan optimalisasi situs web yang tepat dan memanfaatkan kredibilitas dari situs web resmi melalui backlink dapat membawa hasil yang baik secara organik, tetapi itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan harus terus menerus.

Dengan Google Ads , bisnis Anda dapat memperoleh hasil lebih cepat. Disini juga tentu ada persaingan dengan sesama pengiklan produk yang sejenis. Namun jangan khawatir Anda bisa gunakan jasa iklan Google Ads Masterweb yang siap membantu Anda dan menjamin iklan Anda berjalan maksimal.

Jangkauan Iklan Yang Luas

Keuntungan google ads berikutnya adalah jangkauan iklan yang luas. Pada tahun 2021 saja, Google search mendominasi persaingan mesin pencari dengan menyedot 97,3% user di Indonesia. Meninggalkan kompetitornya seperti Bing, Yahoo, dan sebagainya.

Dengan tingginya pengguna Google search tersebut tentu saja menunjukkan bahwa Google search adalah platform yang tepat untuk menjalankan iklan.

Target Audiens Spesifik

Bebeda dengan platform iklan lainnya. Keuntungan menggunakan Google Ads adalah anda dapat menarget audience secara spesifik berdasarkan Keywords.

Jika anda menggunakan Facebook Ads, anda hanya bisa meraih pasar berdasarkan kebiasaan pengguna aplikasi. Sedangkan dengan Google Ads Search, anda bisa menarget siapa-saja berdasarkan apa yang mereka cari. Dengan begitu, kecil kemungkinan iklan anda akan tidak tepat sasaran.

Kecuali anda salah menggunakan dan mengerti cara menggunakan keywords dan sebagainya.

Remarketing

Jika anda memiliki budget yang besar, menggunakan kombinasi iklan Google ads search dengan iklan awareness seperti Google Display Network atau Facebook Ads adalah sebuah langkah yang tepat. Hal tersebut karena setelah audience melihat iklan anda di platform seperti Youtube, Instagram, Facebook, atau website, mereka bisa saja mencari lagi melalui Google search.

Tindakan tersebut dapat disebut sebagai remarketing yang pada umumnya bisa sangat membantu meningkatkan performa marketing anda.

Reputasi Website Bisnis Meningkat

Keuntungan google ads yang terakhir adalah anda dapat meningkatkan reputasi website bisnis anda. Hal tersebut karena adanya gelombang traffic secara instan ke website anda. Banyaknya orang yang mengetahui produk anda maka dapat meningkatkan awareness dan tentu saja itu sangat baik untuk masa depan bisnis.

Penutup

Follow akun instagram kami di @amsa.studio dan dapatkan informasi-informasi menarik seputar Amsa Studio dan kabar digital marketing. Jika anda membutuhkan team Paid Search untuk perusahaan, silahkan gunakan Jasa Paid Ads kami dengan harga terjangkau.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved