Pengertian SEO, Cara Kerja, dan 5 SEO Tools Yang Wajib Kamu Miliki

google news

Pengertian SEO, Cara Kerja, dan 5 SEO Tools Yang Wajib Kamu Miliki – Apa pengertian SEO? Ini adalah pertanyaan umum yang paling sering ditanyakan oleh seorang pemula yang sedang belajar bagaimana cara membuat blog atau situs web. Namun, jangan khawatir karena artikel kali ini akan mengupas tuntas tentang pengertian SEO dan cara kerjanya.

Hal ini karena optimasi SEO diyakini akan memudahkan blog atau website Anda untuk mendapatkan peringkat yang tinggi di hasil mesin pencari seperti Google. Nah, sekarang mari kita lihat lebih dekat apa itu optimasi mesin pencari dan bagaimana cara mengoptimalkan SEO di situs web. Yuk, cari tahu pengertian SEO!

Pengertian SEO

Secara sederhana, pengertian SEO dapat digambarkan sebagai taktik atau tindakan untuk mengoptimalkan sebuah blog atau website. Optimalisasi tersebut dilakukan untuk memungkinkan search engine atau mesin pencari, untuk menilai apakah blog atau website tersebut layak tampil di urutan teratas hasil pencarian atau tidak.

Peringkat tinggi di mesin pencari juga dapat meningkatkan lalu lintas pada website Anda. Selain itu, traffic juga dapat lebih akurat dan sesuai dengan tujuan website yang Anda bangun. Namun, perlu diingat, SEO bukanlah tugas yang dapat selesai dengan satu langkah saja.

Juga, SEO adalah proses yang tidak pernah bisa berakhir. Itu berarti Anda perlu harus terus mengoptimalkan blog atau situs web Anda. Untuk mendapatkan lalu lintas yang tinggi dan bertarget, Anda perlu memahami pengertian SEO dan mempelajari cara kerja mesin pencari dalam menentukan peringkat blog atau situs web.

Anda juga harus mengikuti berbagai aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari atau search engine, dalam hal ini adalah Google. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari pengertian SEO, seluk beluknya, apa saja indikator utama SEO, dan algoritma Google. Semua itu bisa Anda ketahui dalam ulasan di bawah ini, jangan lupa baca sampai akhir, ya!

Cara SEO Bekerja

Pengertian SEO adalah untuk mengoptimalkan sebuah situs web, sehingga pengguna internet dapat menemukan apa yang mereka butuhkan dengan menggunakan kata kunci atau kata kunci tertentu.

Proses optimasi ini menawarkan setidaknya tiga manfaat, yaitu memberikan informasi yang relevan, menghasilkan lebih banyak trafik organik, dan menjadikan mesin pencari sebagai sumber tepercaya.

Hasil pencarian mungkin tidak ditampilkan saat itu juga. Karena proses optimasi mesin pencari tidak sesederhana dan semudah yang Anda bayangkan. Mesin pencari memiliki tiga peran utama dalam melakukan pencarian berdasarkan permintaan, antara lain:

Crawling

Pengertian crawling adalah mengumpulkan informasi dari semua situs web. Dari satu sisi ke sisi lain dan tautan ke tautan lainnya. Proses ini merupakan tahap awal dari alur kerja cara optimasi mesin pencari.

Indexing

Ketika telah berhasil mengumpulkan informasi, crawling web akan menyimpan informasi dalam daftar input index.

Peringkat

Mesin pencari akan menampilkan konten sesuai dengan hasil pencarian yang paling sesuai dengan peringkat.
Untuk memastikan kualitas hasil pencarian, mesin pencari akan menggunakan seperangkat aturan yang biasa dikenal sebagai algoritma.

Algoritma mesin pencari ini memastikan bahwa orang yang menggunakan internet dapat memperoleh informasi yang relevan dari berbagai sumber terpercaya.

Advanced SEO Tools

Nah, berikut adalah jenis-jenis tools berikut yang biasa digunakan untuk optimasi SEO

Ahrefs

Tools ini adalah tools berbayar yang sangat powerful dan dapat Anda gunakan untuk meriset kata kunci, untuk mengetahui backlink, dan melihat posisi artikel.

Dengan alat ini, yang harus Anda lakukan adalah terus memantau kemajuan SEO dari situs web Anda. Namun, Anda harus tahu bahwa alat ini tidak murah dan Anda harus membayarnya setiap bulan.

Google Keyword Planner

Alat ini adalah alat digital marketing gratis yang disediakan oleh Google. Anda dapat menggunakan alat ini untuk menentukan kata kunci dan jumlah volume pada pencarian Anda.

SEO Quake

Alat ini adalah plugin untuk Google Chrome, dengan SEOquake Anda dapat melihat lalu lintas kompetitor secara gratis dan sangat mudah.

SimilarWeb

Alat ini memungkinkan Anda untuk melihat Global Rank Alexa Website kompetitor, mengetahui jumlah pengunjung pesaing, kunjungan bulanan, halaman per kunjungan, dan rata-rata sesi waktu kompetisi.

Keyword Everywhere

Dengan alat ini, Anda dapat mengetahui jumlah pasti volume pencarian kata kunci per bulannya. Alat ini dapat sangat berguna bagi mereka yang melakukan penelitian kata kunci baru karena juga menyediakan kata kunci turunan atau kata kunci LSI.

Cara Menggunakan SEO

Sekarang setelah Anda memahami pengertian SEO dan cara kerjanya, Anda perlu mengetahui cara mengoptimalkan SEO dengan benar. Perlu diingat sekali lagi bahwa proses optimasi SEO tidak bisa dilakukan sekaligus. Ini terjadi karena mesin pencari terus memperbarui algoritma mereka untuk memberikan hasil pencarian yang terbaik setiap saat.

SEO terdiri dari dua kategori yaitu External SEO dan On-site SEO. Apa perbedaan antara keduanya? Yuk, simak kedua pengertian SEO ini!

On-site SEO

Seperti namanya, pengertian SEO on-site adalah mengoptimalkan sebuah website atau blog dari dalam ke luar. Jadi, pengoptimalan dalam kategori ini terkait dengan penataan dan adaptasi elemen-elemen pada sebuah website. Metode ini memudahkan mesin pencari untuk meng-crawl informasi. Contohnya adalah sebagai berikut:

• Gambar teks alternatif
• Jangan menggunakan  isian kata kunci atau mencoba memanipulasi peringkat di mesin pencari Google
• URL yang diformat dengan baik
• Gunakan heading yang benar, yaitu H1, H2 , dll.

Kata Kunci

Kata kunci yang Anda pilih haruslah benar agar dapat mengarahkan lalu lintas organik ke konten yang Anda buat.

Kata kunci itu sendiri adalah sebuah ide atau topik tertentu yang dimasukkan pengguna ke dalam mesin pencari atau search engine. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa riset dan pemilihan kata kunci sangatlah penting.

Riset kata kunci dapat membantu search engine dalam memahami kata kunci mana yang paling sering digunakan oleh pengguna internet, ketika mereka mengakses situs web di mesin pencari. Pastikan Anda memasukkan kata kunci yang sesuai target dalam judul dan isi artikel, ya!

Pengoptimalan Situs Web

Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan situs web Anda, termasuk menggunakan sebuah struktur situs web yang baik, memproduksi konten yang relevan, dan membuat navigasi yang mudah.

Ketiganya sangat penting dalam meningkatkan traffic website. Sebuah situs web juga harus memiliki struktur yang baik karena untuk menegaskan halaman terpenting situs web untuk mesin pencari.

Selain itu, membuat konten yang relevan di situs web juga sangat menguntungkan karena menghasilkan banyak lalu lintas yang berkualitas tinggi. Sementara itu, kemudahan navigasi saat mengakses website tentunya akan membuat pengunjung situs akan semakin merasa nyaman.

User Experience

Setiap pengunjung yang datang ke website Anda tentunya harus Anda layani dengan baik. Layanan operator website yang baik bagi pengunjung tentunya akan memudahkan mereka dalam menavigasi website Anda.

Jika Anda mengelola sebuah situs web komersial, buatlah halaman situs web terlihat seperti toko online yang profesional. Tentunya pengunjung yang membuka website toko online menginginkan informasi lebih lanjut tentang produk yang dijualnya. Oleh karena itu, berikanlah informasi yang mendetail mengenai produk itu.

Semua informasi harus disampaikan dengan jelas untuk calon pelanggan. Baik itu keunggulan produk, harga, komposisi, pilihan warna atau rasa, tanggal kadaluarsa, dan informasi yang lainnya terkait dengan produk. Selain itu, Anda juga harus menambahkan gambar yang relevan untuk menarik prospek pelanggan agar lebih kuat.

Untuk memudahkan pengunjung menemukan bagian yang diinginkan, Anda harus membuat kategori produk untuk memudahkan pengunjung. Misalnya, toko online yang Anda buat menjual sebuah produk kecantikan.

Jadi Anda bisa membuat kategori produk kecantikan seperti: B. kategori perawatan kulit, lipstik, parfum, riasan mata, dan lain-lain. Kategori produk tersebut akan memudahkan pengunjung untuk mencari produk sesuai dengan kebutuhannya tanpa harus mencari produk satu demi satu.

Selain itu, jangan lupa untuk mengatur tata letak situs web Anda. Jangan membuat pengunjung merasa bingung dengan desain yang tidak beraturan.

Misalnya, letakkan fitur keranjang belanja di sebelah pojok kanan atas halaman website. Sehingga, pengunjung akan merasa lebih mudah untuk melihat dan mengakses fitur tersebut. Dengan tata letak yang teratur, maka pengunjung pun akan semakin merasa nyaman.

Kecepatan Loading

Kecepatan loading pada website menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan trafik website. Tentu saja, siapa pun pasti akan merasa kesal jika mengunjungi website yang loadingnya sangat lama.

Ketika halaman web tidak kunjung terbuka, pengguna internet lebih sering memilih untuk menutupnya. Akibatnya, lalu lintas situs web Anda pun akan berkurang.

Di sisi lain, pengunjung lebih memilih situs web yang memiliki loading yang cepat  karena mereka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk membuka halaman web.

Hal ini juga dapat memberikan situs web Anda memiliki peringkat yang tinggi di Google. Oleh karena itu, situs web harus memuat kecepatan yang baik agar tidak kehilangan banyak pengunjung dan tidak mendapatkan peringkat buruk dari Google.

SEO Off-Site

Berbeda dengan pengertian SEO on-site, SEO off-site lebih bersifat kurang teknis. Namun, bukan berarti SEO eksternal ini tidak begitu penting. SEO eksternal juga sangat berguna untuk mempromosikan situs web.

Dengan menggunakan teknik ini, orang akan tahu bahwa website Anda sangat layak untuk dikunjungi.

Content Marketing

Saat ini, content marketing adalah cara yang paling ampuh untuk meningkatkan peringkat website Anda di hasil pencarian Google. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan strategi pemasaran konten yang terstruktur dengan baik.

Manfaat ini termasuk juga dapat menarik pengunjung baru, meningkatkan reputasi toko atau bisnis online, mempengaruhi pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan, dan menghemat biaya iklan.

Periklanan

Untuk mendapatkan banyak pengikut atau pelanggan, situs web harus dipenuh dengan konten yang bagus dan menarik. Namun, terkedang meski sudah dikemas dengan konten yang menarik, website tersebut masih kekurangan pengunjung.

Nah, jadi cara untuk mendapatkan followers dengan masif adalah dengan menjalankan promosi. Promosi mendorong lebih banyak orang untuk mengunjungi situs Anda. Hal ini disebabkan karena pada umumnya orang sangat tertarik dengan hal-hal yang berbau seperti iklan.

Selain dapat menarik lebih banyak pengunjung, promosi yang Anda jalankan juga dapat membuat website Anda semakin unggul dalam persaingan dengan website lain.

Public Relation

Untuk membuat sebuah bisnis yang kamu bangun semakin maju dan dikenal oleh banyak orang, maka melakukan kegiatan public relation menjadi sangat penting.

Meski terdapat sejumlah biaya yang harus dikeluarkan, tetapi akan sebanding dengan manfaat dan keuntungan yang akan kamu dapatkan. Beberapa keuntungan menerapkan public relation, di antaranya adalah kamu bisa membangun brand awareness, mengatur otoritas, memberikan informasi tambahan, serta meningkatkan community relationship.

Demikian itulah penjelasan mengenai pengertian SEO dan bagaimana cara mengoptimasi SEO dengan baik. Sekarang setelah Anda paham dengan pengertian SEO, saatnya lah untuk menerapkannya. Sekali lagi, ingatlah bahwa pengertian SEO adalah sebuah proses yang berkelanjutan dan tidak pernah berakhir.

Jadi, jangan puas hanya dengan satu kali percobaan saja! Nah, setelah memahami pengertian SEO, Anda bisa menggunakan teknik lainnya untuk mendapatkan peringkat yang tinggi untuk situs web Anda di Google.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved