5 Rekomendasi Keyword Tools Gratis Untuk SEO Specialist Pemula

Menjadi seorang SEO specialist tentu saja sudah terbiasa dengan istilah keyword tool seperti Ahref, Semrush, Ubersuggest, dan sebagainya. Hal tersebut karena SEO dan keyword adalah dua hal yang sangat berkaitan.

Research keywords menjadi bagian yang sangat penting dalam SEO. Hal tersebut karena selain untuk mengetahui besaran volume, research ini juga bertujuan untuk mengetahui jenis keyword yang akan ditarget.

Apa itu keyword tool gratis?

Sama dengan namanya, keyword tool gratis adalah platform yang dibuat untuk mempermudah research keyword secara gratis. dengan menggunakan keyword tool gratis ini, anda akan dapat dengan mudah menemukan volume keyword tertentu berdasarkan dari lokasi tertentu juga. Selain volume, anda juga dapat menemukan tingkat kesulitan, hingga biaya CPC pada umumnya.

5 Keyword Tools Gratis

Keyword research tool pada umumnya berbayar sehingga cukup membebani para SEO specialist pemula yang baru saja terjun ke dunia SEO. Oleh sebab itu, Amsa akan memberikan 5 rekomendasi keyword tools gratis untuk anda.

1. GetKeywords

keyword tool

 

GetKeywords merupakan salah satu keyword tool terbaik dan paling banyak digunakan oleh para SEO specialist pemula.

Keywords research tool yang satu ini menjadi salah satu favorit karena support dengan local SEO. GetKeywords dapat menampilkan data di lebih dari 100,000 lokasi dan dapat memfilter target berdasarkan negara, provinsi, dan kota.

Yang paling menarik dari tool satu ini adalah data yang ditampilkan merupakan real-time data, berbeda dengan beberapa keywor tools lainnya yang menggunakan stored data.

2. QuestionDB

keyword tool

QuestionDB dapat membantu anda untuk menemukan topik baru untuk website anda secara gratis. Platform satu ini menjadi salah satu keyword research tool terbaik karena kemudahannya.

Cara kerja platform ini terbilang cukup sederhana. Ketika kita mengetik keyword atau kata kunci tertentu, maka QuestionDB akan menunjukkan pertanyaan umum yang diajukan oleh orang di platform populer seperti Reddit, Stack Exchange, atau Quora.

Dengan cara kerja seperti itu, maka anda akan mendapatkan wawasan batu tentang bagaimana users menggunakan kata kunci untuk mencari apa yang mereka butuhkan. QuestionDB akan membantu anda menemukan search terms yang tepat untuk kata kunci yang sesuai dengan topik blog anda.

3. Ryan Robinson’s Keyword Tool

keyword tool

Keyword tool gratis satu ini benar-benar akan membantu andaa untuk menemukan topik yang sesuai dan paling mudah untuk anda tembus. Platform satu ini dapat membantu anda untuk menemukan keyword dengan volume yang kecil sekalipun.

Dengan bantuan AI Ryan Robinson, platform ini akan berfokus pada metrik penting seperti perkiraan volume dan saran topik yang cocok dengan website anda. Selain itu, terdapat juga fitur yang dapat menarget lokasi negara kata kunci yang akan anda pilih.

Selain itu, terdapat juga tutorial yang disediakan oleh pengembang untuk membantu anda menggunakan tool ini secara lebih efektif.

5. Google Ads Keywords Planner

keyword tool

Google Ads Keywords Planner atau biasa disebut GAKP pada dasarnya dikhususkan untuk Google Ads atau SEM. Meskipun diperuntunkan untuk Google ads, nyatanya GAKP ini dapat menjadi keyword tool gratis yang sangat powerfull.

Selain gratis, GAKP adalah platform yang dikembangkan oleh Google secara langsung dan menggunakan data dari para pengguna di seluruh dunia. Jadi data yang disajikan oleh GAKP ini merupakan rata-rata volume keyword yang digunakan oleh pengguna di satu teritori tertentu.

Anda juga dapat mencari ide keyword alternative melalui platform yang satu ini karena ada pilihan keyword idea.

Untuk dapat mengakses platform satu ini tentu saja anda harus memiliki akun Google ads yang pada dasarnya juga gratis. Anda hanya perlu mendaftar menggunakan akun Gmail anda yang juga bisa didapatkan secara gratis pula.

5. Keyword Tool

keyword tool

Keyword Tool merupakan keyword tool gratis yang paling umum digunakan oleh para blogger di seluruh dunia. Platform ini tidak hanya menggunakan data dari Google search semata tapi juga platform mesin pencari lainnya seperti Bing, Youtube, Amazon, dan sebagainya.

Penggunakan mesin pencari lain nyatanya sangat membantu karena dengan begitu maka anda dapat menemukan long-tail keywords yang tidak bisa ditemukan di platform lainnya.

Selain itu, platform ini juga dapat mencari data hingga ke kota-kota tertentu sehingga sangat membantu anda ketika ingin melakukan local SEO.

Jika ingin menggunakan platform ini, anda hanya harus mengunjungi websitenya tanpa harus mendaftar akun. Dengan begitu, anda tidak perlu repot-repot mendaftar jika hanya untuk melakukan research keywords.

Penutup

Sebagai seorang SEO Specialist pemula, kita tidak perlu menghabiskan dana besar untuk memulai karir. Terdapat puluhan hingga ratusan yang tersedia secara gratis dan tentu saja dapat membantu meringankan dan mengoptimalkan pekerjaan kita.

Follow akun instagram kami di @amsa.studio dan dapatkan informasi-informasi menarik seputar Amsa Studio dan kabar digital marketing. Jika anda membutuhkan team SEO untuk perusahaan, silahkan gunakan jasa SEO kami. Dapatkan jasa SEO dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved