Cara Menemukan Keyword SEO Terbaik yang Meningkatkan Konversi

SEO melibatkan berbagai elemen yang berbeda yang bekerja bersama untuk meningkatkan visibilitas website web Anda di hasil pencarian yang memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Namun, bagaimana cara menemukan keyword SEO terbaik yang menarik pelanggan dan meningkatkan konversi?

Seperti yang kita ketahui, tujuan SEO adalah membuat website web Anda muncul di puncak hasil pencarian dan memperoleh traffic yang signifikan. Untuk mencapai hal ini, riset keyword menjadi salah satu langkah terpenting.

Artikel ini akan membahas cara mencari dan memilih keyword terbaik untuk website Anda serta menguraikan cara paling efektif untuk mengaplikasikannya. Yuk, simak dengan seksama!

Apa Peran Keyword dalam SEO?

cara menemukan keyword seo terbaik

Ketika berbicara tentang pentingnya keyword untuk SEO, ada tiga tujuan utama yang harus dipenuhi:

  • Menarik minat pengguna potensial dengan keyword yang relevan dengan pencarian mereka.
  • Memberikan petunjuk kepada mesin pencari tentang topik konten yang Anda sajikan.
  • Berperan sebagai fondasi bagi konten yang kuat dan bermutu tinggi.

Inilah sebabnya mengapa keyword memiliki peran yang sangat penting. Tidak ada faktor lain dalam penilaian peringkat website yang bisa melakukan fungsi-fungsi ini. Namun, untuk menjalankan strategi ini dengan sukses, diperlukan riset keyword yang cermat dan komprehensif.

Cara Menemukan Keyword SEO Terbaik yang Efektif

Di bawah ini adalah uraian mengenai beberapa cara menemukan keyword SEO terbaik untuk website Anda.

Memahami Search Intent Pengguna Secara Mendalam

Mencari keyword tidak hanya tentang memilih kata-kata dari keyword tools dan menggunakannya tanpa pertimbangan. Merasa yakin bahwa hal tersebut akan berhasil bisa menjadi kesalahan besar.

Menemukan keyword yang tepat membutuhkan perencanaan yang matang. Rahasia utamanya adalah memahami secara menyeluruh tentang riset keyword Anda. Dengan begitu, kemungkinan besar website Anda akan mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memahami dengan mendalam maksud pencarian pengguna atau juga disebut search intent. Penggunaan keyword yang tidak tepat dapat mengakibatkan traffic yang tidak berasal dari calon pelanggan sesungguhnya.

Keyword harus sesuai dengan niche dan topik website Anda. Untuk menarik jenis audiens yang diinginkan, konten Anda harus:

  • Relevan dengan keinginan dan minat audiens.
  • Menggunakan frase yang biasa mereka gunakan saat mencari informasi yang diinginkan.

Anda membutuhkan kombinasi yang seimbang antara konten dan keyword yang mencerminkan maksud pencarian pengguna. Keduanya harus saling mendukung.

Mencari Keyword Terbaik

Setelah menentukan jenis keyword yang dibutuhkan, cara menemukan keyword SEO terbaik selanjutnya adalah dengan mencarinya. Peran krusial alat SEO tidak boleh diabaikan. Alat riset keyword penting karena mampu mengukur efektivitas keyword dan memberikan data berharga.

Saat pengguna melakukan pencarian di Google, mereka umumnya menggunakan frasa pencarian serupa. Alat SEO membantu menghitung seberapa sering frasa itu digunakan melalui metrik yang disebut volume pencarian (jumlah pencarian per bulan). Angka yang tinggi menandakan popularitas keyword tersebut.

Namun, frasa pencarian populer cenderung singkat dan kurang jelas serta tidak selalu mencerminkan dengan sempurna keinginan pengguna. Pengguna sering melakukan pencarian umum lalu menyempitkan pencarian mereka.

Pengalaman ini menunjukkan bahwa frasa pencarian panjang lebih efektif daripada yang pendek.

Formula untuk keyword yang ideal:

  • Minimal 3 kata dan deskriptif
  • Mencerminkan maksud pencarian pengguna
  • Memiliki tingkat pencarian bulanan yang tinggi

Alat riset keyword seperti WebCEO membantu menemukan frasa pencarian populer yang relevan dengan ide keyword. Fitur Tren Pencarian menunjukkan seberapa sering keyword digunakan setiap bulannya.

Sementara fitur lain seperti Spy on Competitors Tab dan Top Queries Tab membantu dalam analisis kompetitor dan pengoptimalan keyword di website Anda.

Google juga menyediakan fitur berguna seperti pelengkapan otomatis dan People Also Ask, yang menyarankan frasa pencarian yang kerap digunakan orang lain – seringkali keyword panjang yang dapat efektif digunakan di website Anda.

Perhatikan juga keyword terkait yang mungkin memiliki volume rendah, namun tetap dapat memberikan kontribusi penting bagi strategi SEO Anda.

Penggunaan Keyword dengan Efektif di Website Anda

Pahami terlebih dahulu seberapa banyak keyword yang sebaiknya digunakan pada satu halaman. Ketika pengguna mencari topik yang serupa, mereka menggunakan berbagai variasi istilah.

Oleh karena itu, lebih baik menggunakan beberapa keyword terkait secara bersamaan untuk optimalisasi yang lebih efektif. Setelah menyadari hal tersebut, ada dua metode utama untuk memanfaatkan keyword secara efisien:

  • Gunakan keyword untuk mengoptimalkan halaman baru.
  • Perbarui halaman yang sudah ada dengan keyword baru.

Tempat terbaik untuk meletakkan keyword Anda meliputi:

  • URL halaman.
  • Judul halaman.
  • Deskripsi meta.
  • Judul H1-H4.
  • Di seluruh teks.

Tambahan strategis:

  • Gunakan nama file gambar dan teks ALT untuk hasil Pencarian Gambar Google.
  • Sertakan keyword dalam judul video, deskripsi, transkrip, dan nama file thumbnail, khususnya untuk Pencarian Video Google atau platform seperti YouTube.
  • Manfaatkan keyword dalam teks tautan internal dan eksternal untuk mempengaruhi peringkat halaman yang ditautkan.
  • Penting untuk memperhatikan semua tempat strategis ini. Alat SEO seperti On-Page Issues dari WebCEO dapat membantu menemukan area penting yang mungkin terlewatkan.
  • Perhatikan hasil pencarian video Google yang menjadi kunci untuk mendapatkan posisi pertama di hasil pencarian, termasuk fitur unggulan atau posisi nol.
  • Membuat FAQ yang dioptimalkan dengan keyword pertanyaan panjang merupakan langkah yang mendukung upaya optimalisasi, bahkan dapat memperkuat peringkat di hasil pencarian suara.

Menghindari Kesalahan Umum dalam Penggunaan Keyword

Walaupun memiliki keyword terbaik, penggunaannya yang kurang tepat dapat merusak semua usaha Anda. Apa saja kesalahan yang sebaiknya dihindari dalam penggunaan keyword? Di bawah ini adalah uraiannya.

  • Hindari menggunakan keyword yang sama untuk beberapa halaman. Hal ini dapat menyebabkan persaingan internal di website Anda, membuat halaman bersaing satu sama lain untuk peringkat, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan peringkat keseluruhan. Sebaiknya fokus bersaing dengan website lain.
  • Jangan menempatkan keyword secara tidak alami. Beberapa orang sering menggunakan keyword berlebihan dalam teks mereka, upaya ini dikenal sebagai keyword stuffing.
  • Hal ini dapat membuat pengguna dan mesin pencari seperti Google menghindari halaman tersebut. Sebaliknya, fokuslah pada penulisan konten yang mendalam dan alami, yang akan menggunakan keyword dengan tepat.
  • Jangan terlalu hemat dalam penggunaan keyword. Menggunakan keyword hanya sekali atau dua kali di halaman mungkin tidak cukup untuk dianggap relevan oleh Google. Ini bisa menyebabkan halaman tidak muncul di hasil pencarian (SERP) untuk keyword yang dimaksud.
  • Sebelum menggunakan keyword, pertimbangkan alasan mengapa seseorang akan mencarinya di Google. Dengan memahami proses berpikir pengguna, Anda dapat memfilter keyword yang tidak sesuai dengan konten Anda.
  • Pastikan penggunaan keyword yang dapat menghasilkan tindakan (konversi). Ini sangat penting terutama untuk halaman yang memiliki tujuan transaksional, di mana Anda menginginkan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, bukan hanya melihat-lihat konten yang ada.

Memantau Kinerja Keyword Anda

Setelah menemukan dan menggunakan keyword terbaik, langkah berikutnya adalah memonitor kinerjanya dengan seksama. Anda dapat melacak hasil pekerjaan Anda melalui laporan Peringkat Website WebCEO.

Untuk melihat perubahan peringkat keyword, lakukan pemindaian rutin. Anda dapat mengatur alat ini untuk melakukan pemindaian secara otomatis dengan menetapkan Jadwal Pemindaian.

Meminta Bantuan SEO Agency

Dengan anda menggunakan bantuan SEO Agency seperti Amsa, maka anda akan dengan sangat mudah menemukan keyword-keyword SEO terbaik yang dapat mendatangkan leads secara cepat. Kami memberikan garansi bahwa traffic website anda akan meningkat setelah menggunakan layanan SEO dari kami.

Apa yang Harus Dilakukan Berikutnya?

Jika peringkat keyword Anda berada pada posisi tinggi, itu bagus! Namun, jika peringkatnya rendah atau mengalami penurunan, hal itu menunjukkan adanya persaingan dari website web lain yang perlu diperhatikan. Dalam situasi ini, ada kemungkinan Anda perlu memperbaiki aspek lain dari strategi SEO Anda.

Teruslah update dengan berita terbaru dalam niche Anda dan topik yang menjadi fokus keahlian Anda. Setiap perubahan atau inovasi dapat membawa kemunculan keyword baru yang perlu Anda pertimbangkan.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara menemukan keyword SEO terbaik untuk website Anda. Riset keyword ternyata jauh lebih kompleks daripada yang diperkirakan. Namun, manfaat dari melakukan hal ini dengan tepat jauh lebih besar daripada sekadar peringkat atau pendapatan.

Dengan memilih keyword dengan cermat untuk website Anda, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang audiens target Anda. Hal ini tentu saja akan membantu Anda dalam menarik dan mempertahankan pelanggan baru.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved