Cara Mudah Install Tema WordPress, Dijamin Kamu Pasti Bisa!

Cara Mudah Install Tema WordPress, Dijamin Kamu Pasti Bisa! – Dalam WordPress, tema menjadi komponen yang sangat penting bagi website/blog agar memiliki tampilan yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan. Perlu kamu ketahui bahwa dengan memiliki tema yang menarik, user akan merasa lebih betah berlama-lama di dalam website kamu.

Ketika user bertahan lama di dalam satu page kamu, itu berdampak terhadap score bounce rate. Seperti yang kita ketahui bahwa bounce rate website yang rendah akan sangat bermanfaat untuk SEO.

Hal yang menarik dari WordPress adalah ketika kamu bosan dengan tema yang sudah ada, kamu dengan mudah dapat mengganti dengan tema dengan yang baru. Untuk mendapatkan tema baru, kamu hanya perlu mengunjungi library dan install tema WordPress yang kamu pilih begitu saja.

Cara Install Tema WordPress

Jika kamu masih belum tahun bagaimana cara install tema WordPress baru atau bahkan membuat blog baru, ikuti trik di bawah ini!

1. Memakai fitur pencarian

install tema wordpress

Metode awal untuk install tema WordPress yang baru dapat kamu lakukan dengan menggunakan fitur pencarian. Metode ini dapat dicoba untuk tema yang terdapat di library WordPress.org dan sebagian besar gratis.

Banyak orang menggunakan cara ini karena sangat mudah serta cepat. Caranya, kamu hanya perlu masuk ke dashboard WordPress, kemudian klik menu ‘Appearance Themes’ serta lanjutkan dengan klik tombol ‘Add New’ di bagian atasnya. Setelah itu, muncullah berbagai macam tema yang dapat bisa dipilih sesuai dengan kemauanmu.

Jika kamu ingin mencari tema tertentu maka gunakanlah fitur pencarian yang berada di sisi pojok kanan atas.

Misalkan untuk tema ‘Hueman’, ketik saja hingga menemukan tema bernama ‘Hueman’ serta muncul preview. Jika kamu merasa sudah cocok, maka klik tombol ‘Install’. Dengan begitu, WordPress akan menginstall-nya secara otomatis.

Kemudian, tunggulah sebagian sampai proses install itu berhasil. Setelah itu, klik tombol ‘Activated’ untuk mengaktifkan tema yang telah kamu pilih tersebut.

Jika sudah, lihat dan cek hasil pada tampilan pada WordPress milikmu. Apakah sudah cocok dengan kemauanmu atau belum, jika masih dirasa belum, kamu bisa memilih tema yang lain.

2. Menggunakan cara upload

install tema wordpress

Selanjutnya, cara untuk install tema WordPress yang baru bisa menggunakan tata cara upload. Cara ini ada khusus untuk WordPress premium, contohnya saja seperti Mythemeshop serta Elok Themes.

Terdapat langkah yang wajib Kamu jalani apabila mau memakai metode semacam ini. Pada mulanya, kamu wajib mengunduh file .zip dari penyedia tema WordPress tersebut.

Kemudian, lanjutkan dengan klik menu ‘Appearance Themes’ semacam halnya pada metode yang awal tadi yang telah dijelaskan. Di saat kamu telah sampai pada tahap tersebut, langkah berikutnya bisa dilakukan dengan klik tombol ‘Add New’ pada bagian atas.

Kamu juga harus memilih file. zip yang telah diunduh. Memilih file yang terdapat di PC tersebut kemudian lanjutkan dengan klik ‘Install Now’.

Setelah itu, tunggulah sampai sebagian proses install itu selesai, maka akan timbul preview dari tema tersebut. Kemudian jangan lupa untuk klik tombol ‘Activated’ di saat kamu berhasil meng-install serta akan mengaktifkan tema WordPress tersebut.

Untuk catatan, tema upload ini umumnya cuma ada untuk pengguna Wordpres yang sifatnya self-host. Sebaliknya jika Kamu memakai WordPress.com, kamu tidak dapat memilih opsi ini.

3. Menggunakan Cara FTP

install tema wordpress

Terakhir, kamu dapat jalani dengan metode FTP. Metode semacam ini memanglah nampak lebih rumit bila dibanding dengan kedua metode tadinya. Sesungguhnya, memakai FTP dapat kamu jalani bila telah mahir dengan fitur-fitur WordPress yang ada.

Kemudian, bagaimana cara install tema WordPress yang baru dengan menggunakan FTP? Pertama, kamu wajib mempersiapkannya dengan meng-install aplikasi FTP di PC.

Setelah proses install berakhir, kamu wajib masuk memakai akun FTP yang telah kamu miliki. Umumnya, akun ini disediakan oleh penyedia layanan hosting yang kamu pakai.

Kamu juga harus tersambung dengan file WordPress di server hosting, selanjutnya lanjutkan dengan masuk ke dalam fitur ‘Themes’. Jika sudah selesai, kamu tinggal upload tema tersebut ke folder tema.

Untuk mengupload tema ini, kamu wajib unzip folder yang ada. Barulah setelah proses upload tema tersebut selesai, kamu dapat lanjutkan dengan masuk ke akun admin WordPress yang kamu miliki.

Kemudian dilanjutkan dengan klik ‘Appearance Themes’ serta lanjutkan dengan menu ‘Activated’.

Penutup

Gimana, lumayan gampang bukan install tema WordPress? Jadi, metode mana yang mau kamu coba? Semoga artikel cara install tema WordPress ini dapat membantu, ya!

Follow akun instagram kami di @amsa.studio dan dapatkan informasi-informasi menarik seputar Amsa Studio dan kabar digital marketing. Jika anda membutuhkan website untuk perusahaan atau ecommerce, silahkan gunakan jasa pembuatan website kami. Dapatkan website dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved