Cara Menentukan Facebook Ads Audience, Gampang Banget!

Facebook Ads Audience merupakan salah satu fitur paling utama dari facebook ads. Hal tersebut karena fitur ini memungkinkan untuk anda menarget audience yang memiliki intent tinggi terhadap produk atau jasa anda.

Facebook ads adalah salah satu paid ads yang paling populer di dunia. Hal tersebut wajar karena facebook adalah salah satu platform media sosial terlengkap dan terbesar yang telah membantu jutaan orang di dunia untuk berinteraksi.

Dengan kemampuan membagikan foto, video, story, belanja, dan komunikasi yang sederhana, aplikasi ini mampu terus menarik orang di seluruh dunia untuk terus menggunakannya.

Facebook bukan hanya tempat bagi orang-orang untuk terus terhubung satu sama lain, tetapi juga merupakan tempat untuk membangun sebuah bisnis dan hubungan profesional.

Bahkan, sudah banyak para pelaku bisnis baik di bidang produk maupun jasa yang dapat dengan mudah mempromosikan produknya dengan menggunakan fitur Facebook Ads.

Tantangan terbesarnya adalah, bagaimana cara membuat dan menargetkan audiens dalam iklan Facebook? Nah, Anda tidak perlu bingung. Kali ini AMSA akan memberikan tips dan trik menargetkan Facebook Ads audience yang tepat.

Penasaran? Kalau begitu langsung simak saja artikel ini sampai akhir, ya!

Cara Menentukan Pada Facebook Ads Audience

Berikut adalah beberapa cara untuk menargetkan Facebook Ads audience sesuai dengan target pasar Anda.

Fitur Audiens Berdasarkan Kemiripan

Jika Anda ingin memasang Facebook Ads audience untuk meningkatkan traffic atau daftar pelanggan Anda, maka fitur “Lookalike Audience” adalah sebuah pilihan yang baik.

Fitur ini akan memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens dengan profil tertentu yang tidak dapat Anda jangkau. Meskipun Anda tidak memiliki banyak pengikut di Facebook, Anda juga tetap dapat menggunakan Website Custom Audience untuk menargetkan audiens yang serupa.

Setelah mengidentifikasi audiens yang ingin Anda  targetkan, Anda dapat memperluas jangkauan audiens Anda. Dalam hal ini, pihak Facebook akan mencari sekitar 1% pengguna dengan karakter yang sama sesuai dengan target anda di lokasi yang sudah ditentukan.

Jadi, untuk mendapatkan kinerja yang terbaik, Facebook Ads akan menampilkan iklan Anda kepada 10% pengguna Facebook dengan karakter serupa.

Menggunakan Fitur yang Diperlukan

Cara selanjutnya untuk menargetkan Facebook ads audience adalah dengan cara menggunakan fitur penargetan lanjutan. Fitur yang dirilis pada Oktober 2015 ini memungkinkan Anda untuk dapat menargetkan audiens berdasarkan minat menggunakan opsi “Must Match”.

Berdasarkan eksperimen yang dilakukan di berbagai kategori dan industri, fitur ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan hingga 25% audiens lebih banyak.

Selain itu, fitur ini akan sangat berguna bagi produsen dan pemilik bisnis yang ingin mengetahui antusiasme konsumen terhadap produk dan layanan yang telah mereka tawarkan.

Menggunakan fitur “Life Events”

Dengan menggunakan fitur “Life Events” dalam facebook ads audience, maka akan dapat membantu Anda untuk menargetkan audiens berdasarkan perilaku mereka selama periode waktu tertentu. Misalnya, jika produk yang Anda tawarkan adalah sebuah layanan perencanaan pernikahan, maka fitur ini akan membantu Anda untuk menjangkau orang yang baru bertunangan.

Pada dasarnya, fitur ini sangat memanfaatkan kemampuan Facebook untuk membaca momen yang baru saja dibagikan oleh para pengguna di halaman profil Facebook mereka.

Periode penawaran tersedia dari 6 bulan hingga 3 bulan hingga tahun lalu. Fitur ini akan sangat memudahkan iklan untuk menjangkau target audiens Anda.

Penempatan berdasarkan lokasi

Jika anda sedang melakukan local campaign, maka dengan menggunakan fitur yang satu ini akan sangat membantu. Dengan menggunakan fitur penempatan berdasarkan lokasi, anda bisa memasukkan nama kota yang menjadi target ikan anda.

Jika Anda menargetkan audiens lokasi yang lebih spesifik, Facebook Ads akan menawarkan sistem “iklan kesadaran lokal”.

Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menyesuaikan iklan agar menjangkau pemirsa dalam beberapa radius tertentu dari alamat yang Anda masukkan. Tentu hal ini akan memungkinkan iklan Anda akan ditayangkan secara lebih akurat kepada pengguna Facebook di dekat lokasi bisnis atau lokasi yang menjadi target Anda.

Targetkan audiens Tech-Savy

Bagi Anda yang ingin meningkatkan konversi, menargetkan facebook ads audience yang paham teknologi bisa menjadi solusi.

Memang benar bahwa audiens yang paham teknologi cenderung akan mendaftar lebih sering dan bahkan akan langsung melakukan pembelian. Untuk menjangkau target audiens ini, Anda bisa memanfaatkan fitur behavior di Facebook Ads.

Untuk mengoptimalkan fitur ini, salah satu triknya adalah menghapus daftar centang dari opsi jaringan 2G/3G. Selanjutnya, pilih objek yang hanya menggunakan koneksi 4G dan WiFi. Dengan mengambil langkah ini, iklan Anda akan lebih mungkin menjangkau pengguna yang paham teknologi yang menggunakan ponsel cerdas atau perangkat lain.

Penutup

Follow akun instagram kami di @amsa.studio dan dapatkan informasi-informasi menarik seputar Amsa Studio dan kabar digital marketing. Jika anda membutuhkan team SEM atau Google Ads untuk perusahaan, silahkan gunakan Jasa Paid Ads kami.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved