Ingin Tahu Cara Membuat Blog? Simak Disini Caranya!

Cara membuat blog tidak hanya terbatas pada orang yang memiliki pengetahuan coding cara. Cara membuat blog dengan menggunakan platform CMS sangatlah mudah. Bahkan, siapapun bisa melakukannya, termasuk Anda.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas betapa mudahnya cara membuat blog hanya dalam 7 langkah! Oleh karena itu, simaklah artikel ini hingga akhir!

Memilih Platform untuk Menulis Blog dengan Mudah

Platform blog adalah media yang akan Anda gunakan untuk mengelola blog Anda, mulai dari penerbitan hingga pengoptimalan. Sekarang platform ini memainkan peran penting, membuat blog tidak lagi sulit. Selain itu, banyak platform blogging yang telah muncul. Nah, berikut adalah beberapa platform blogging yang bagus untuk Anda pertimbangkan.

1. WordPress.org

cara membuat blog

WordPress.org adalah perangkat lunak sumber terbuka dan gratis. Oleh karena itu, diperlukan layanan hosting untuk menggunakan software ini secara real time dan mengaksesnya melalui internet. Secara singkat, biaya yang harus Anda keluarkan hanyalah untuk layanan hosting dan domain.

Setelah itu, Anda langsung bisa menginstal secara gratis software WordPress.org ini. Untuk informasi tentang cara instalasinya, anda bisa kunjungi artikel kami tentang 6 cara membuat website dengan wordpress.

2. Blogger

Blogger atau Blogspot adalah platform blogging milik Google. Karena itu, Blogger juga bisa diintegrasikan dengan produk Google lainnya. Contohnya, Anda bisa membuat cara mudah membuat blog dengan AdSense, AdWords, Google Analytics, dan lainnya.

Cara Membuat Blog Menggunakan WordPress

Kali ini, kami akan menggunakan platform yang mengajarkan Anda cara membuat blog. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk cara membuat blog yang menarik.

1. Pilih Niche untuk Blog Anda

Niche blog adalah topik atau subjek tertentu untuk sebuah blog. Jadi, yang harus Anda lakukan adalah fokus membuat konten dengan topik yang sama. Blog Anda akan diakui memiliki keahlian dalam topik tertentu dan direkomendasikan oleh banyak orang sebagai referensi.

Akibatnya, traffic pada blog Anda akan meningkat dan akan lebih mudah untuk memonetisasi blog Anda melalui iklan atau dukungan dari banyak orang.

2. Pilih Jenis Hosting yang Tepat

Hosting adalah tempat semua file blog Anda disimpan dan diakses melalui internet. Saat memilih layanan hosting, jangan sembarangan memilih karena akan mempengaruhi kinerja blog Anda. Jadi, pilihlah hosting sebaik mungkin.

Ada banyak jenis hosting yang bisa Anda gunakan untuk membuat blog yang menarik, seperti

  • Shared Hosting, jenis hosting termurah dan termudah.
  • Cloud hosting, jenis hosting dengan fitur VPS dan kenyamanan hosting virtual
  • VPS hosting, memiliki kapasitas server yang besar, tetapi membutuhkan keahlian.

3. Tampilkan Nama Domain

Selain hosting, Anda memerlukan domain. Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses blog Anda. Jika memungkinkan, gunakan nama domain yang pendek dan mudah diingat tanpa tanda hubung atau angka.

4. Instal WordPress

cara membuat blog

Sekarang setelah Anda memiliki hosting dan domain, saatnya mempelajari cara menginstal WordPress untuk membuat blog. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat memilih untuk menginstal situs WordPress Anda secara otomatis saat checkout.

Fitur ini gratis dan Anda tidak perlu khawatir menginstal WordPress secara manual. Setelah itu, Anda dapat mengubah tema, pengaturan komentar, mengubah format permalink, dan mengubah gravatar. Kemudian Anda juga dapat melengkapi profil WordPress Anda terlebih dahulu.

5. Instal Tema WordPress

Ada ribuan pilihan tema jika Anda mengikuti cara membuat blog sendiri menggunakan WordPress. Namun, pilihan subjek tidak boleh sembarangan.

Hal ini karena tema mempengaruhi tampilan blog Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, Anda harus memilih tema yang sesuai dengan niche blog Anda, dapat disesuaikan, ramah seluler, dan memiliki navigasi yang baik.

Cara install tema wordpress juga sangat mudah, bahkan di beberapa tema anda hanya perlu import design yang sudah ada.

6. Cara Membuat Postingan Blog Pertama Anda

Pada langkah ini, kita mulai dengan langkah yang paling dinanti, yaitu cara membuat postingan pada blog. Anda dapat memasukkan ide apa pun ke dalam konten artikel. Pertama pergi ke Pesan > Tambah. Kedua, segera klik ke editor Guttenberg. Anda dapat menulis atau menyalin isi artikel di sini.

Ketiga, Anda perlu mengatur beberapa preferensi penerbitan. Misalnya permalink, kategori, tag, gambar unggulan, semuanya sudah siap dan tersedia di sisi kanan editor. Anda dapat mempratinjau artikel sebelum menerbitkannya. Untuk melakukannya, klik Pratinjau di sudut kanan atas layar > Pilih Pratinjau > Klik Pratinjau di Tab Baru.

Pratinjau dapat dilihat di komputer, tablet, dan perangkat seluler. Hal ini akan membuat artikel Anda lebih mudah dibaca di berbagai perangkat.

8. Instalasi Plugin

Plugin adalah salah satu kekuatan utama WordPress. Anda dapat dengan mudah menambahkan fitur ke blog Anda. Untuk melakukannya, buka Plugin > Add New.

Selanjutnya, temukan plugin di bagian pencarian. Anda bisa mencoba untuk menginstall plugin SEO seperti Rank Math. Kemudian klik Instal Sekarang pada plugin yang ingin Anda instal dan aktifkan.

Setelah itu, Anda bisa mulai untuk mengurus blog Anda dengan mengisi nya dengan berbagai konten secara teratur agar bisa terus meningkatkan traffic. Nah, itulah cara membuat blog yang telah kami rangkum, semoga dapat membantu Anda!

 

Follow akun instagram kami di @amsa.studio dan dapatkan informasi-informasi menarik seputar Amsa Studio dan kabar digital marketing. Jika anda membutuhkan website untuk perusahaan atau ecommerce, silahkan gunakan jasa pembuatan website kami. Dapatkan website dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved