6 Cara Membuat Website dengan WordPress

cara membuat website dengan wordpress
Promo Jasa Pembuatan Website

Cara Membuat Website dengan WordPress – Situs web memainkan peran penting dalam perjalanan bisnis, organisasi, dan individu. Untuk membuatnya, Anda memerlukan platform khusus. Di antara banyak opsi yang tersedia, WordPress adalah salah satu platform paling populer.

Namun, tidak semua orang tahu cara membuat website dengan WordPress. Dalam artikel ini, AMSA Studio akan menyelami lebih dalam proses pembuatan, mulai dari identifikasi niche hingga pemasangan plugin. Nah, yu simak artikel cara membuat website dengan WordPress ini.

Sebagai pemula, apa yang terlintas di benak Anda ketika membaca artikel tentang cara membuat website dengan WordPress ini? Anda pasti akan membayangkan betapa sulitnya proses membuat website. Meskipun hal ini merupakan sistem manajemen konten, tetapi WordPress telah membuatnya menjadi mudah digunakan bagi siapa saja yang ingin membuat situs web.

Nah, Anda cukup mengikuti saja panduan di bawah ini. Dengan begitu, kami menjamin bahwa Anda akan memiliki situs Anda sendiri hanya dalam beberapa jam.

[irp]

Cara Membuat Website dengan WordPress

1. Menentukan Jenis dan Niche Website (Topik)

Langkah pertama dan terpenting sebelum mengetahui cara membuat website dengan WordPress adalah menentukan jenis situs web. Halini bisa berupa blog, situs e-commerce, profil perusahaan, dan lain-lain. Jika Anda membuat situs web pribadi, maka pilihlah situs web tertentu.

Jangan lupa bahwa subjek adalah hal yang menjadi fokus utama. Artinya, Anda memilih tema (niche) untuk konten yang Anda buat. Tema dari sebuah website bisa terdiri atas fotografi, cerita perjalanan (travels), hingga makanan.

Kalau bisa,pilihlah sebuah tema yang benar-benar Anda sukai. Juga, sebuah website merupakan proyek jangka panjang sehingga pertimbangkan audiens yang akan ditargetkan oleh konten atau situs web Anda.

2. Buat Nama Domain

Langkah kedua cara membuat website dengan WordPress yang sama pentingnya adalah membuat nama domain. Nama domain akan mengidentifikasi sebuahbrand dan situs web Anda. Oleh karena itu, ketika membuatnya, domain harus ditangani dengan hati-hati dan dipilih dengan cermat.

Nah, menurut Anda apa kesamaan Wikipedia, YouTube, dan Netflix? Ketiga layanan tersebut memiliki nama pendek dan unik yang mudah diingat, diucapkan, dan diketik ke dalam kolom di browser web Anda. Ini adalah suatu hal yang perlu diingat ketika membuat nama domain.

Apakah Anda tidak ingin situs Anda tidak memiliki pengunjung karena nama website yang sulit diingat dan diketik? Jika Anda kehabisan ide, Anda dapat menggunakan layanan jasa dari AMSA Studio untuk membuat nama domain yang didistribusikan secara luas di internet.

Setelah Anda menemukan nama yang Anda inginkan, periksalah ketersediaan domain tersebut dan segeralah untuk mendaftar daftar.

[irp]

3. Pilih Web Hosting

Untuk membuat sebuah situs web di WordPress, Anda memerlukan platform web hosting. Sebelum memutuskan layanan hosting web mana yang akan digunakan, Anda harus mengetahui dan mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Hal yang Anda Butuhkan- hal ini berkaitan dengan berapa banyak sumber daya yang dibutuhkan situs web Anda dan rencanakan selama 12 bulan ke depan untuk memperluas situs Anda dan mendapatkan lebih banyak traffic.
  • Waktu Aktif yang Tinggi – Situs tetap berjalan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan tidak sering offline. Memilih layanan hosting web dengan waktu aktif dan server yang andal adalah penting.
  • Dukungan dari Pelanggan – Jika situs web Anda tidak aktif atau Anda mengalami masalah, Anda dapat menghubungi dukungan pelanggan untuk mendapatkan bantuan.
  • Kemudahan dalam Penggunaan – Tidak semua pemilik situs web memiliki pengalaman pemrograman. Jadi lebih baik memiliki panel kontrol yang nyaman untuk hosting.
  • Harga bagus – situs ini adalah proyek jangka panjang. Oleh karena itu, perlu dilakukan perhitungan biaya yang akan dikeluarkan. Jangan buang uang Anda untuk hosting yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Install WordPress

Instalasi WordPress cukup cepat dan mudah jika Anda mengikuti cara-cara ini. Nah, berikut adalah langkah-langkahnya:

– Cari dan klik ikon WordPress. Kemudian silakan masukkan informasi penting Anda seperti URL (domain) atau alamat situs WordPress Anda. Perhatikan juga hal-hal berikut ini

  • Bahasa – Pilihlah bahasa default untuk situs WordPress Anda.
  • Nama Pengguna Admin – Nama pengguna yang akan digunakan untuk masuk ke dasbor WordPress Anda.
  • Kata Sandi Admin – Kata sandi yang akan digunakan untuk masuk ke area admin WordPress Anda.
  • Email Admin – Memberikan alamat email aktif untuk pemberitahuan email dan pengaturan ulang kata sandi.
  • Judul Situs Web – Judul situs web Anda.
  • Tagline Situs Web – Slogan atau deskripsi singkat tentang situs web Anda.

– Kemudian klik tombol Instal.

[irp]

5. Pilih Sebuah Tema

Membangun sebuah situs WordPress tidak berakhir pada fase install saja. Untuk membuat situs Anda terlihat lebih menarik dan fungsional, Anda harus memilih sebuah tema. Apapun jenis blog atau situs web yang Anda pilih, pasti semuanya membutuhkan tata letak dan tema. Sehingga cara membuat website dengan WordPress yang berikutnya adalah memilih sebuah tema.

Misalnya, situs e-commerce memerlukan desain web yang lebih kompleks daripada blog. Salah satu hal menarik tentang WordPress adalah ia memiliki serangkaian tema untuk semua jenis situs web. Ada tema yang gratis dan ada juga yang berbayar. Zakra, Shapely, dan Flash adalah tiga contoh tema gratis. Kemudian, Uncode, Divi, dan X adalah contoh tema berbayar yang direkomendasikan.

6. Instalasi Plugin

Cara membuat website dengan WordPress yang selanjutnya, Anda juga harus memilih dan menginstal plugin yang diperlukan. WordPress memiliki beberapa plugin yang mendukung dan meningkatkan fitur situs seperti add-on admin, keamanan dan keselamatan situs, dan banyak lagi.

Lantas, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Bukankah membuat website WordPress itu mudah? Sekarang, langkah selanjutnya yang perlu Anda ambil untuk membuat website Anda lebih menantang tetapi menyenangkan adalah membangun audiens Anda.

Dengan kata lain, Anda harus membuat situs web yang dapat menarik traffic. Untuk melakukan ini, mulailah dengan mempromosikan situs web Anda di media sosial dan menulis konten yang baik secara teratur.

Nah, itulah 6 Cara Membuat Website dengan WordPress. Semoga dapat membantu Anda yang ingin membuat sebuah web!

Follow akun instagram kami di @amsa.studio dan dapatkan informasi-informasi menarik seputar Amsa Studio dan kabar digital marketing. Jika anda membutuhkan tenaga ahli untuk membangun website perusahaan, anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dari kami dengan harga terjangkau.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved