6 Plugin WordPress Gratis Untuk Optimasi Website Anda

google news

Ketika hendak membuat website dengan WordPress, anda pasti akan membutuhkan plugin sebagai opsi tambahan untuk meningkatkan performa dan kualitas website anda tersebut.

Plugin WordPress adalah program tambahan yang diinstal ke dalam situs wordPress anda. Plugin WordPress yang bersifat add-on ini berfungsi untuk menambahkan fungsi baru ke program host website anda tanpa harus mengubah program host website itu sendiri.

Kenapa Harus Install Plugin WordPress?

Plugin WordPress bersifat add-on yang berguna untuk meningkatkan kualitas dan performa website anda. Oleh sebab itu, plugin ini bersifat sangat penting dan hampir wajib untuk diinstall kedalam website anda.

Cara menginstallnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu ke dashboard, klik Plugins, lalu Add new. Setelah itu pilih plugin pilihan anda, intal, lalu aktifkan.

6 Rekomendasi Plugin WordPress Gratis

Pada dasarnya, plugin pada WordPress ini ada yang bersifat gratis dan berbayar. Namun dalam artikel ini kita hanya akan membahas tentang plugin yang gratis saja.

Saat ini, terdapat lebih dari 58,000 plugin WordPress gratis. Namun ternyata tidak semua plugin tersebut memiliki kualitas yang bagus, atau bahkan ada juga yang justru malah terdapat malware di dalamnya.

Berdasarkan pengalam Amsa yang telah 4 tahun melayani Jasa Pembuatan Website, berikut adalah 6 rekomendasi plugin gratis untuk optimasi WordPress yang dijamin sangat fungsional.

1. Classic Editor

plugin wordpress

Entah kenapa, tanpilan editor terbaru dari WordPress ini cukup sulit, apalagi bagi pemula yang tidak terbiasa dengan WordPress.

Classic Editor ini akan membantu anda untuk mengembalikan tampilan editor pada posts sehingga membuat anda lebih mudah ketika hendak menulis artikel.

Meskipun pada dasarnya tampilan terbaru dan classic itu tergantung oleh selera, tapi kami merasa bahwa classic editor masih menjadi pilihan terbaik. Hal tersebut karena dalam menulis artikel di Classic Editor, hampir tidak ada pilihan yang tersembunyi.

2. Easy Table of Contents

plugin wordpress

 

Easy Table of Contents merupakan plugin gratis yang memungkinkan anda menambahkan table pada artikel atau page website. Dengan andanya table atau daftar isi pada artikel, makan akan memudahkan pembaca anda untuk mengerti secara singkat keseluruhan isi artikel.

Anda juga bisa mengatur tampilan dan lokasi di mana table ini akan muncul, apakah setelah paragraf pertama, heading pertama, atau bahkan di bagian atas artikel.

3. Inline Related Posts

plugin wordpress

Masih berkaitan dengan optimasi artikel atau post, Inlane Related Post merupakan plugin WordPress yang dapat memberikan rekomendasi artikel atau page di tenah-tengah artikel.

Anda tidak perlu memasukkan secara manual karena plugin ini bisa bekerja secara otomatis. Namun anda juga tetap bisa memasukkan artikel terkait secara manual dengan plugin ini.

Plugin ini memberikan kita keleluasaan bentuk warna yang dapat digunakan, lokasi artikel terkait, jumlah rekomendasi, dan sebagainya.

4. Rank Math SEO

plugin wordpress

Plugin satu ini secara khusus difungsikan untuk membantu SEO website anda. Rank Math SEO ini dapat mempermudah pekerjaan SEO anda karena terdapat beberapa fitur yang menarik.

Pada dasarnya terdapat terdapat 2 plugin WordPress SEO yang plaing umum digunakan, yaitu Rank Math SEO dan Yoast SEO.

Dulu sebelum Rank Math SEO naik daun, saya selalu menggunakan Yoast SEO. Namun setelah Rank Math mulai ramai digunakan banyak orang, saya mulai mencoba dan hasilnya cukup menyenangkan. Semenjak itu saya berpindah dari Yoast ke Rank Math.

Rank Math SEO menyediakan beberapa fitur yang sangat menarik seperti sitemap setting, Title & Meta, Instant Indexing, 404 Monitoring, Redirection, AMP, dan sebagainya.

5. Elementor

plugin wordpress

Meskipun tidak semua tema WordPress mendukung plugin ini, tapi menurut kami Elementor adalah page builder gratis terbaik. Anda tidak harus memiliki kemampuan bahasa program untuk membuat website dengan tampilan menarik, meskipun jika bisa maka akan lebih baik.

Dengan fitur drag and drop, anda dapat mengatur visual website anda. Plugin ini juga dapat terintegrasi dengan plugin lainnya sehingga semakin mempermudah anda untuk mengatur visual website.

6. LiteSpeed Cache

plugin wordpress

LiteSpeed Cache adalah all-in-one plugin yang dapat meningkatkan akselerasi website anda. Secara sederhana, plugin WordPress gratis satu ini dapat meningkatkan optimasi waktu loading website.

Terdapat beberapa fitur yang dapat anda gunakan dengan plugin ini seperti server level full page, imgae optimization, crawler, lazy load image, browser cache support, dan sebagainya.

Penutup

Jika kita menggunakan website sebagai salah satu tools utama dalam digital marketing, maka wajib hukumnya untuk memiliki websie yang SEO friendly dan kualitas visual yang menarik. Dengan bantuan plugin WordPress gratis, anda dapat meningkatkan performa website lebih maksimal.

Jika anda merasa masih terdapat plugin lain yang wajib terinstall di WordPress, silahkan komen di bawah ya.

Follow akun instagram kami di @amsa.studio dan dapatkan informasi-informasi menarik seputar Amsa Studio dan kabar digital marketing. Jika anda membutuhkan website untuk perusahaan atau ecommerce, silahkan gunakan jasa pembuatan website kami. Dapatkan website dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau.

 

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved