SEO Specialist Wajib Tahu, Google Topic Authority Untuk Situs Berita

Jika anda adalah SEO specialist, maka anda wajib mengetahui update terbaru dari Algoritma Google. Google recara resmi telah mengumumkan tentang sistem rangking terbaru yang disebut “topic authority”.

Sistem rangking topic authority ini secara spesifik ditujukan untuk meningkatkan relevansi konten dengan berita lokal atau berdasarkan lokasi pembaca.

Mengapa Google Harus Menggunakan Topic Authority?

Salah satu alasan utama mengapa Google harus menggunakan sistem rangking terbaru ini untuk mengatasi permasalahan search intent yang tidak sesuai terhadap topik-topik tertentu.

Misalnya, users mencari informasi terkait informasi umroh dan haji, seringkali Google menampilkan artikel umum, padahal setiap kota pasti memiliki permasalahan masing-masing. Hal tersebut berpotensi mengakibatkan users merasa tidak terbantu dengan informasi yang diberikan oleh Google.

Dengan Topic Authotiry, Google akan memprioritaskan artikel berdasarkan berita lokal. Dengan demikian, users akan mendapatkan informasi yang lebih tepat.

Google mengatakan bahwa publisher lokal menerima peningkatan visibilitas untuk berita yang diliput di wilayah mereka.

Cara Kerja Topic Authority

Topic Authority menggunakan beberapa sinyal untuk mengukur tingkat kualitas dalam bidang tertentu. Adapun sinyal yang digunakan sebagai berikut:

  • Popularitas topik atau lokasi: Google melihat dan memahami apakah artikel atau berita yang dipublish relevan dengan topik atau lokasi tertentu.
  • Pengaruh dan konten original: Google menilai tingkat originalitas artikel, apakah artikel tersebut plagiat atau origianl.
  • Reputasi publisher: Reputasi dari publisher menjadi salah satu yang utama, artinya jika organisasi anda adalah organisasi yang telah dikenal dan memiliki kredibilitas tinggi, maka Google akan memprioritaskan anda.

Rekomendasi Untuk SEO Specialist

Jika anda adalah seorang SEO Specialist, khususnya website berita, anda wajib memahami tentang topic authority ini.

Google menyarankan publisher untuk selalu memberikan artikel atau berita berkualitas, original, dan relevan dengan situasi terhadap lokasi tertentu.

Dengan penekanan pada berita lokal dan kualitas, Google search juga akan memberikan informasi terbaik untuk para usersnya. Selain itu, karena website anda menyajikan informasi berkualitas, tingkat return users anda juga akan meningkat secara terus-menerus.

Dampak Topic Authority Pada Strategi SEO

Dengan adanya update algoritma pada Google search ini pastinya berdampak pada strategi SEO keseluruhan.

Update terbaru ini memaksa kita untuk fokus pada kualitas, tingkat kedalaman, dan originalitas konten. Oleh sebab itu, SEO specialist tidak boleh hanya sebatas melakukan SEO off-page belaka.

Penutup

Demikian artikel singkat tentang update terbaru dari Google tentang topic authority. Secara singkat, tujuan dari update ini adalah untuk meningkatkan relevansi konten dengan lokasi pembaca.

Follow akun instagram kami di @amsa.studio dan dapatkan informasi-informasi menarik seputar Amsa Studio dan kabar digital marketing. Jika anda membutuhkan team SEO untuk perusahaan, silahkan gunakan jasa SEO kami. Dapatkan jasa SEO dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved