Cara Mudah Mendapatkan Backlink Gratis Untuk SEO Off Page

Backlink atau link building merupakan salah satu bagian terpenting dalam SEO. Namun ternyata untuk mendapatkan backlink gratis tidaklah mudah dan cepat.

Jika anda mengharapkan mendapatkan backlink gratis dan original, butuh waktu yang cukup lama hingga bertahun-tahun untuk mendapatkannya. Untuk mendapatkan backlink secara gratis dan orignal anda membutuhkan blogger lain untuk mencomot entah gambar atau artikel anda yang kemudian diberikan atribut website anda.

Saat ini terdapat banyak penyedia layanan backlink berbayar dengan harga bervariatif tergantung kualitas website. Bisanya harga backlink akan dilihat dari DA/PA website tersebut.

Namun pada dasarnya Amsa tidak merekomendasikan anda untuk membeli backlink dari sumber yang tidak jelas. Hal tersebut dilarang oleh Google karena sebagai salah satu upaya manipulasi dan cenderung digunakan oleh Black Hat SEO.

Biasanya para penyedia backlink secara gelondongan itu memiliki strategi yang kurang tepat seperti kualitas konten yang acak-acakan, mengakali DA dan PA agar tinggi, hingga penipuan yang mengambil uang anda saja.

Jika anda ingin membeli backlink, belilah dengan jeli dan lihat sumber website yang akan anda jadikan sumber backlink tersebut.

Mengapa Anda Butuh Backlink?

Backlink atau juga dikenal dengan link building merupakan strategi SEO Off Page untuk meningkatkan performa rangking keyword website anda di mesin pencari Google. Selain itu, dengan banyaknya backlink, maka domain rating anda juga akan semakin tinggi.

Cara kerja backlink juga cukup mudah, yaitu menaruh link pada sebuah website yang kemudian diarahkan ke website anda.

Backlink masih menjadi salah satu unsur penting dalam SEO. Selain dapat membantu meningkatkan rangking, backlink dengan kualitas yang baik juga dapat membantu meningkatkan traffic website anda.

Cara Mendapatkan Backlink Gratis

Meskipun terdengan tidak mudah, namun ternyata anda bisa mendapatkan backlink secara gratis. Terdapat beberapa cara agar anda tetap bisa mendapatkan backlink berkualitas tanpa harus membayar sepeserpun.

Berikut adalah cara mendapatkan backlink gratis yang bisa kalian semua tiru.

1. Guest Post

backlink gratis

Secara singkat, Guest Post adalah menulis artikel pada website orang lain secara gratis. Dalam hal ini, anda tidak mendapatkan bayaran apapun. sebagai gantinya, anda bisa memasang anchor text sesuai kebutuhan.

Cara ini paling umum dilakukan oleh para SEO specialist yang memiliki budget kecil dalam timnya.

Selain bisa mendapatkan backlink gratis, keuntungan lainnya adalah anda dapat menyesuaikan niche artikel sehingga backlink anda tersebut akan memiliki kualitas yang tinggi.

Jika anda tidak tahu cara mendapatkan guest post gratis, anda dapat mencarinya di group Facebook, baik Indonesia atau luar negeri. Beberapa group FB yang kami rekomendasikan seperti Blogger Indo, SEO Guest Posting, Instant Guest Posting, dan sebagainya.

2. Backlink Exhange

Hampir sama dengan guest post, baclink exchange ini juga bisa memberi anda backlink gratis.

Untuk mendapatkannya anda tidak perlu repot-repot menulis artikel baru untuk website lain. Anda hanya perlu bertukar backlink dengan artikel yang sudah ada, tinggal disesuaikan saja kalimatnya.

Anda bisa menggunakan FB unutk mendapatkan sumber website yang akan anda jadikan sebagai backlink exchange ini. Melalui group FB ini, anda akan bergabung dengan komunitas yang memiliki niatan sama dengan anda.

Akan tetapi, karena anda tidak bisa memilih topik artikel sesuai keinginan anda, maka kualitas backlink tidak akan sebagus anda melakukan guest post.

3. Blogspot Gratis

backlink gratis

Blogspot merupakan platform blogging yang sangat populer di Indonesia sejak tahun 2008 hingga 2016an.

Meskipun saat ini sangat jarang peminatnya, namun tetap saja blogspot bisa menjadi backlink gratis untuk anda.

Perbedaan antara Guest Post dan Backlink Exchange, ketika anda ingin menggunakan blogspot sebagai sumber backlink anda maka anda juga harus mengoptimasi blogspot ini. Hal tersebut karena jika anda hanya membuat blogspot baru tanpa dioptimasi, maka percuma saja, backlink anda tidak akan berguna.

Namun kami tidak menyarankan jika website anda hanya menggunakan blogspot sebagai sumber backlink utama karena memang kualitasnya yang tidak terlalu bagus. Anda bisa menjadikan blogspot sebagai second tier dalam strategi link building anda.

Penutup

Jika anda mencari cara mendapatkan backlink gratis, maka artikel ini akan sangat membantu. Untuk mendapatkan backlink secara gratis, anda bisa melakukan guest post, backlink exchange, atau menggunakan blogspot gratis.

Pada dasarnya, tidak semua backlink bisa bermanfaat untuk meningkatkan rangking keyword anda. Anda harus mendapatkan backlink berkualitas. Jika backlink yang anda gunakan tidak baik, maka performa website anda akan menurun.

Follow akun instagram kami di @amsa.studio dan dapatkan informasi-informasi menarik seputar Amsa Studio dan kabar digital marketing. Jika anda membutuhkan team SEO untuk perusahaan, silahkan gunakan jasa SEO kami. Dapatkan jasa SEO dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved