Technical Guide untuk Google PageSpeed Insight

google news

Bagi teman-teman yang sudah membaca artikel kami sebelumnya tentang Optimasi Core Web Vitals Google, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah PageSpeed Insights.

Kinerja situs web adalah aspek yang sangat vital dalam menjaga users experience yang memuaskan dan meningkatkan visibilitas online. Google PageSpeed Insights adalah alat yang membantu pengembang web untuk menganalisis dan meningkatkan kinerja situs mereka.

Dengan memberikan rekomendasi teknis yang terperinci, alat ini menjadi pedoman yang sangat berharga dalam upaya meningkatkan kecepatan dan kualitas situs.

Apa Itu Google PageSpeed Insights?

Google PageSpeed Insights adalah alat evaluasi performa situs web yang disediakan oleh Google. Tujuannya adalah memberikan panduan dan rekomendasi yang dapat diimplementasikan guna meningkatkan waktu pemuatan halaman dan pengalaman pengguna.

Alat ini menilai situs berdasarkan faktor-faktor kunci yang memengaruhi kinerja, seperti waktu pemuatan, optimasi gambar, penggunaan cache, dan masih banyak lagi.

Panduan Menggunakan Google PageSpeed Insight

Untuk menggunakan Google PageSpeed Insights, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka peramban web Anda dan kunjungi situs Google PageSpeed Insights.
  • Ketik atau salin dan tempel URL situs web yang ingin Anda evaluasi ke dalam kolom yang tersedia.
  • Klik tombol “Analyze” atau “Analyze with a new URL“.
  • Alat ini akan mulai menganalisis situs web yang Anda masukkan. Ini mungkin memerlukan beberapa saat tergantung pada ukuran dan kompleksitas situs.
  • Setelah proses analisis selesai, PageSpeed Insights akan memberikan skor kinerja untuk versi desktop dan mobile situs Anda. Skor ini berkisar dari 0 hingga 100, dimana nilai yang lebih tinggi menunjukkan kinerja yang lebih baik.
  • Di bawah skor kinerja, Anda akan melihat daftar rekomendasi perbaikan yang diurutkan berdasarkan prioritas. Pelajari saran-saran tersebut dan fokus pada perbaikan yang diindikasikan.
  • Klik pada bagian “Opportunities” untuk melihat saran perbaikan spesifik dan dampak yang diharapkan dari perbaikan tersebut. Tab “Diagnostics” memberikan informasi lebih lanjut tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja situs Anda.
  • Implementasikan perbaikan yang direkomendasikan untuk meningkatkan kinerja situs Anda.

Perhatikan bahwa PageSpeed Insights memberikan rekomendasi berdasarkan analisis teknis, tetapi implementasi mungkin berbeda tergantung pada platform atau Content Management System (CMS) yang Anda gunakan.

Selalu perhatikan bahwa pengalaman pengguna adalah kunci utama, jadi pastikan untuk tidak mengorbankan kualitas konten atau fungsionalitas situs dalam upaya meningkatkan skor PageSpeed Insights.

6 Tips untuk Meningkatkan Page Speed

Bagi Anda yang ingin meningkatkan page speed, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Optimalisasi Gambar dan Video untuk Pemuatan Cepat

Konten berupa gambar dan video sering menjadi penyebab lambatnya kinerja situs. Penggunaan gambar yang telah dioptimalkan dapat membantu mempercepat situs dan menghindari kendala saat tampil.

Tipsnya:

  • Mengubah ukuran dan melakukan kompresi pada gambar.
  • Menetapkan dimensi gambar secara spesifik.
  • Menggunakan Content Delivery Network (CDN) untuk mengirimkan gambar.

2. Memanfaatkan Video dari Sumber Eksternal

Jika ada video yang memperlihatkan produk atau layanan, sebaiknya hindari mengunggahnya langsung ke situs.

Selain menghabiskan ruang penyimpanan, penggunaan video secara langsung dapat menimbulkan tekanan pada server web apabila banyak pengguna yang memutar video bersamaan.

Disarankan untuk menyimpan video di platform lain (seperti YouTube) dan menyisipkan video ke situs web untuk meningkatkan kecepatan waktu pemuatan.

3. Hindari Penggunaan Redirect yang Berlebihan

Penggunaan redirect dapat memperlambat waktu respon antara permintaan kepada server dan pengiriman data pertama.

Mengurangi penggunaan redirect yang berlebihan akan membantu meningkatkan kecepatan situs secara keseluruhan dan memberikan manfaat positif pada optimisasi mesin pencari.

4. Pilih Tema Situs Web yang Cepat

Terdapat tema khusus pada situs web yang telah dioptimalkan untuk meningkatkan kecepatan pemuatan. Beberapa tema memiliki berat yang lebih ringan, menggunakan kompresi GZIP, atau memiliki desain responsif untuk berbagai perangkat.

Disarankan untuk melihat daftar tema WordPress yang memiliki kecepatan pemuatan tinggi dan mempertimbangkan untuk mengganti tema situs guna meningkatkan skor situs dan optimasi mesin pencari.

5. Gunakan Loading Asynchronous untuk JavaScript

Prinsip loading asynchronous membantu browser dalam melakukan beberapa tugas secara bersamaan. Pada loading synchronous, browser akan berhenti melakukan tindakan lainnya selama file JavaScript dimuat.

Dengan loading asynchronous, browser dapat melakukan tugas lain, seperti menggambar tabel atau memuat CSS Stylesheet, sambil mengunduh file JavaScript. Optimisasi ini memerlukan pengetahuan teknis yang lebih mendalam, maka sebaiknya mendapatkan bantuan dari pengembang web dalam menerapkannya.

6. Aktifkan Caching pada Browser

Aktivasi fitur caching pada browser merupakan langkah dasar untuk membantu situs web memuat lebih cepat bagi pengunjung yang kembali mengakses situs.

Dengan adanya caching pada browser, gambar dan video akan tersimpan di perangkat pengguna dan dimuat dari sana ketika mereka mengunjungi halaman kembali.

Aktivasi fitur caching pada browser memerlukan pengeditan (atau pembuatan) file .htaccess, dan disarankan untuk dilakukan oleh pengembang web yang memiliki pengalaman.

Kesimpulan

Google PageSpeed Insights merupakan alat yang penting dalam memastikan kinerja optimal situs web Anda.  Optimasi terus-menerus akan membantu situs Anda tetap bersaing di pasar yang semakin kompetitif dan dinamis saat ini.

Dengan menggunakan PageSpeed Insights secara teratur dan menerapkan perbaikan yang direkomendasikan, Anda dapat meningkatkan kinerja situs web Anda dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengunjung situs Anda.

Jika anda tertarik untuk membuat website namun memiliki keterbatasan sumber daya, maka anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dari Amsa. Dengan bantuan dari kami, website yang kami kerjakan akan selalu mengikuti metrik-metrik penting dari PageSpeed Insight sehingga website anda akan cepat dan mudah untuk dioptimasi.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved