Pengertian Domain Rating dan Domain Authority Serta Pengaruhnya Pada SEO

google news

Pada era digital yang semakin berkembang, istilah-istilah seperti “Domain Rating” (DR) dan “Domain Authority” (DA) menjadi penting bagi digital marketing atau SEO Specialist. Domain Rating dan Domain Authority adalah elemen kunci dalam memahami seberapa kuat atau otoritatif sebuah situs web di mata mesin pencari seperti Google.

Artikel ini akan membahas tentang pengertian Domain Rating (DR) dan Domain Authority (DA) serta apakah DR dan DA tersebut benar-benar berpengaruh terhadap SEO atau tidak.

Domain Rating (DR)

Pengertian Domain Rating dan Domain Authority Serta Pengaruhnya Pada SEO 2

Berikut adalah pengertian domain rating (DR) dan faktor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi besar kecilnya DR tersebut.

Pengertian Domain Rating (DR)

Domain Rating adalah metrik yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan perangkat lunak SEO terkemuka yaitu Ahrefs. Ahref menjadikan DR sebagai indikator seberapa baik situs web tertentu dalam hal otoritas dan kualitas tautan yang mengarah ke situs tersebut atau juga disebut dengan istilah backlink.

Skala DR berkisar dari 0 hingga 100, di mana semakin tinggi nilai DR, semakin kuat pula otoritas domain tersebut di mata mesin pencari Google. Nilai DR diperoleh dengan menganalisis jumlah dan kualitas tautan yang mengarah ke sebuah domain.

Faktor-faktor yang memengaruhi DR

Terdapat 3 hal utama yang mempengaruhi besar kecilnya DR dari sebuah domain yaitu sebagai berikut:

  • Kualitas Backlink: Tautan dari situs web atau backlink yang memiliki DR tinggi akan memiliki dampak yang lebih besar pada DR Anda daripada backlink dari situs web dengan DR rendah.
  • Jumlah Backlink: Semakin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke situs Anda, semakin tinggi DR Anda.
  • Variasi Backlink: Sumber backlink yang bervariasi dapat meningkatkan DR Anda, sementara memiliki terlalu banyak backlink dari satu sumber dapat merugikan karena bisa dinilai sebagai backlink spam oleh Google.

Domain Authority (DA)

Berikut adalah pengertian domain authority (DA) dan faktor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi besar kecilnya DA tersebut.

Pengertian Domain Authority (DA)

Domain Authority adalah istilah yang dikembangkan oleh Moz, merupakan metrik serupa yang mengukur otoritas atau kekuatan sebuah domain.

DA juga menggunakan skala dari 0 hingga 100, dengan nilai yang lebih tinggi menunjukkan otoritas yang lebih besar dalam mata mesin pencari. DA mengukur seberapa baik sebuah domain dapat muncul dalam hasil pencarian mesin pencari.

Faktor-faktor yang memengaruhi DA

Terdapat 3 hal utama yang mempengaruhi besar kecilnya DA dari sebuah domain yaitu sebagai berikut:

  • Kualitas Backlink: Seperti DR, backlink dari situs web yang memiliki DA tinggi memiliki dampak yang lebih besar pada DA Anda.
  • Struktur Website: Struktur website yang terorganisir dengan baik dan mudah dinavigasi dapat meningkatkan DA.
  • Kualitas Konten: Konten yang berkualitas dan relevan juga dapat berkontribusi pada peningkatan DA.

Apakah Domain Rating (DR) dan Domain Authority (DA) Berpengaruh Pada SEO?

SEO

Jawabannya adalah tidak, DR dan DA tidak selalu memiliki pengaruh pada SEO. Hal tersebut karena kedua metrik ini tidak pernah benar-benar diakui oleh Google dan banyak sekali website yang memanipulasi DR dan DA ini. Dengan kata lain, DR dan DA memiliki kerentanan karena mudah dimanipulasi dan tidak selalu seiringan dengan performa di mesin pencari.

Oleh sebab itu, pada dasarnya kita tidak boleh semata-mata selalu percaya bahwa dengan DR dan DA yang tinggi maka performa SEO website kita juga pasti akan tinggi pula.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan DR dan DA yang benar?

Pada dasarnya mengoptimalkan DR dan DA yang benar merupakan hal yang sama dengan meningkatkan performa SEO website kita namun tidak dengan cara manipulasi. Terdapat beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar DR dan DA bisa menjadi metrik penting dan membantu kita untuk mengetahui performa SEO. Berikut adalah cara mengoptimalkan DR dan DA yang benar:

  • Membuat Kontent Yang Relevan dan Original: SEO adalah tentang menciptakan informasi dan “mendeliver” informasi tersebut kepada pembaca melalui website dan mesin pencari Google. Oleh sebab itu, dengan kita membuat konten yang baik dan benar, maka performa website kita pasti akan naik secara otomatis.
  • Memperbaiki Struktur Website: Dengan memperbaiki navigasi di website anda, maka mesin pencari juga akan mudah dalam memahami isi dalam konten website tersebut. Navigasi yang baik adalah semua informasi penting tertata dengan baik, baik itu berada di dalam menu/header, footer, atau bahkan hyperlink di dalam konten/artikel.
  • Backlink Berkualitas: Backlink masih menjadi salah satu hal terpenting dalam SEO, namun backlink yang tidak baik bisa menjadi boomerang karena akan menurunkan performa SEO anda. Backlink yang bagus adalah backlink yang memiliki relevansi dengan situs anda. Untuk mendapatkan backlink berkualitas, anda bisa menggunakan berbagai macam cara, dan salah satu yang paling umum adalah dengan mencari Guest Post gratis dan menulis artikel yang masih berkaitan dengan tema website anda.

Kesimpulan

DR dan DA digunakan oleh SEO Specialist untuk menilai performa website. Namun, penting untuk diingat bahwa DR dan DA hanyalah indikator, dan faktor lain seperti konten, pengalaman pengguna, dan aspek teknis juga berperan pada kesuksesan SEO.

Angka pada DR dan DA tidak selamanya benar dan sangat mudah dimanipulas, oleh sebab itu jangan semerta-merta selalu percaya dan teruslah membuat konten-konten berkualitas agar performa SEO-mu bisa meningkat.

Follow akun instagram kami di @amsa.studio dan dapatkan informasi-informasi menarik seputar Amsa Studio dan kabar digital marketing. Jika anda membutuhkan team SEO untuk perusahaan, silahkan gunakan jasa SEO kami. Dapatkan jasa SEO dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Our Service

Most Recent Posts

  • All Post
  • Artikel Terbaru
  • Digital Marketing
  • Google Ads
  • Media Sosial
  • Paid Ads
  • Promotion
  • SEO
  • Website

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved