5 Manfaat SEO Bagi Bisnis Digital Anda

5 Manfaat SEO Bagi Bisnis Digital Anda –  Pada artikel ini, kami akan menjelaskan lebih detail tentang manfaat SEO, terutama untuk bisnis dan organisasi.

SEO, seperti yang kita tahu adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan peringkat yang tinggi. Semakin tinggi peringkat di situs web, semakin besar juga kemungkinan untuk muncul di halaman pertama mesin pencari Google.

Jika situs web Anda muncul di halaman pertama mesin pencari Google, maka itu akan meningkatkan kemungkinan bahwa situs web akan menerima banyak pengunjung. Tentunya traffic berbanding lurus dengan usaha Anda untuk meningkatkan penjualan produk. Bukan hanya penjualan, tetapi tentu saja upaya branding, dan lain-lain.

Namun, apa sebenarnya manfaat SEO? Dalam artikel kali ini kami akan membahas manfaat SEO untuk Anda. Simak hingga akhir, ya!

Manfaat SEO untuk Perusahaan atau Branding Organisasi

Sangat penting untuk menciptakan citra bahwa bisnis Anda adalah perusahaan yang hebat. Bayangkan jika ada seorang pelanggan mencari perusahaan yang produknya telah mereka beli sebelumnya, tetapi sangat sulit untuk ditemukan di perusahaan Anda. Bisa jadi pada titik ini Anda merasa bahwa perusahaan Anda tidak memiliki kredibilitas yang baik.

Selain pelanggan, pencari kerja atau sponsor juga sering mencari tahu tentang suatu perusahaan di internet. Dalam hal ini, manfaat SEO adalah memudahkan mereka dalam menemukan informasi tentang bisnis Anda juga dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap situs web Anda.

Baca Juga : Pengertian SEO, Cara Kerja, dan 5 SEO Tools Yang Wajib Kamu Miliki

Jika situs web bisnis Anda muncul di halaman pertama mesin pencari Google, itu akan sangat membantu bisnis menyampaikan poin bisnis yang penting. Misalnya, sebuah perusahaan ingin menyampaikan kepada publik mengenai CSR yang dijalankannya.

Publik tidak mungkin mengetahui hal ini jika informasi mereka tidak cukup kuat. Oleh karena itu, program CSR perusahaan harus muncul di situs web yang berperingkat tinggi sehingga publik dapat dengan cepat  mengetahuinya.

Alat Terpenting untuk Persaingan

Dewasa ini, persaingan di dunia usaha sangat ketat. Hampir semua bentuk bisnis memiliki persaingan yang tidak hanya satu atau dua pesaing, melainkan puluhan, ratusan, ribuan, atau jutaan. Untuk itu, setiap pengusaha harus selalu mencari cara terbaik untuk memenangkan persaingan yang digunakan dunia digital.

Sebagian besar pengusaha saat ini menggunakan platform internet sebagai salah satu ujung tombak dalam penjualan produknya. Karena internet saat ini menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Hampir setiap hari, orang-orang di seluruh dunia tidak dapat memutuskan sambungan dari internet karena alasan apa pun.

Dalam hal ini, manfaat SEO adalah pengusaha dapat menempatkan produk mereka di internet, sehingga orang dapat menemukannya dengan mudah dengan menggunakan kata kunci yang pas. Namun seiring berjalannya waktu, semakin banyak pebisnis juga yang menggunakan internet dan persaingan di dunia internet semakin ketat.

Misalkan perusahaan Anda ingin mempublikasikan sebuah produk di internet. Namun, ternyata Anda memiliki setidaknya 1000 pesaing yang juga mencantumkan produk yang persis seperti milik Anda. Jika tidak dibarengi dengan kemampuan optimasi yang baik, produk Anda bisa jadi berada di halaman terakhir  mesin pencari Google. Dalam hal ini, Anda hanya memiliki setidaknya 2% peluang untuk menjual produk melalui platform Google.

Oleh karena itu, manfaat SEO dalam persaingan bisnis di dunia digital sangatlah besar. Anda harus memiliki pemahaman yang sangat mendalam tentang teknik SEO serta pesaing Anda. Memang tidaklah mudah, tapi juga bukan tidak mungkin.

Meningkatkan Brand Awareness

Semakin tinggi peringkat situs web Anda, maka semakin mudah orang mengenali bisnis Anda. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan orang terhadap perusahaan dan produk Anda. Orang sangat mudah percaya bahwa perusahaan Anda memiliki produk unggulan yang digunakan oleh masyarakat umum.

Situasi ini tentu saja merupakan situasi yang sangat dibutuhkan oleh dunia usaha pada umumnya. Untuk bisnis yang masih baru, salah satu cara paling efektif untuk mengikuti konten bisnis adalah dengan menciptakan brand awareness yang baik di kalangan masyarakat umum. Untuk itu, Anda sangat membutuhkan promosi yang hebat agar masyarakat dapat mengetahui tentang produk Anda.

Anda dapat menghabiskan puluhan hingga ratusan juta untuk iklan dan melakukan hal ini. Namun, jika Anda cukup jago dalam SEO, atau memiliki tim yang jago SEO, maka tentunya Anda akan menghemat banyak biaya promosi. Oleh karena itu, salah satu manfaat terpenting dari SEO  adalah meningkatkan brand awareness untuk bisnis Anda.

Mendapatkan Hot Prospect

Manfaat SEO selanjutnya adalah memiliki prospek yang menarik. Mengapa demikian? Karena tentu saja orang  mengunjungi website Anda karena kata kunci yang mereka ketik. Tidak mungkin jika seseorang mengetik kata kunci ‘kucing’, maka yang keluar adalah bunga hias.

Tentu saja, dengan bertambahnya jumlah prospek yang menarik, semakin mudah juga bagi Anda untuk memfasilitasi penjualan Anda. Strategi ini jauh lebih efektif daripada memasang iklan di papan reklame atau iklan televisi. Tentunya hal ini disebabkan pengunjung Anda adalah pengunjung yang pasti ingin mengetahui lebih jauh tentang produk yang Anda tawarkan.

Menghemat Biaya Iklan

Manfaat SEO yang terakhir adalah untuk menghemat biaya iklan individu atau perusahaan. Perusahaan besar akan menghabiskan banyak uang untuk iklan. Mereka pasti menggunakan hampir semua platform periklanan, seperti iklan televisi, surat kabar, radio, poster, bahkan iklan online (SEM) seperti Google Ads, Facebook Ads, dan lain-lain. Pertanyaan besarnya, apakah cara tersebut efektif?

Jawabannya adalah TIDAK!

Sebuah perusahaan menghabiskan setidaknya sekitar Rp60 juta untuk satu iklan di surat kabar atau beberapa ratus juta untuk iklan televisi. Sementara itu, penonton di platform tidak bisa diukur dari segi kuantitas dan presisi. Dapat dikatakan bahwa salah satu metode periklanan ini adalah pemasaran acak. Hasil yang didapat juga tidak sebanding dengan biaya pemasarannya.

Dapat dikatakan bahwa beriklan di platform online seperti Google Ads dan Facebook Ads lebih daripada iklan konvensional. Masalahnya, bagaimanapun juga, biaya yang terlibat juga sedikit lebih mahal dan kerangka waktu terbatas. Untuk iklan online, sebuah perusahaan harus menghabiskan setidaknya sekitar Rp6 juta saja untuk menjalankan iklan di Google Ads hanya dalam satu bulan, setelah itu iklan hilang dan begitu juga situs Anda.

Jadi mengoptimalkan situs web Anda tentu saja lebih bermanfaat dan menghemat biaya besar untuk jangka waktu yang  lama. Anda tidak perlu bingung lagi dengan biaya iklan yang akan Anda keluarkan ketika menggunakan manfaat SEO.

Nah, itulah 5 Manfaat SEO bagi Bisnis Digital Anda, semoga dapat membantu Anda untuk meningkatkan website, ya! Anda juga dapat menghubungi AMSA Studio jika membutuhkan jasa SEO.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved