Apa itu Website Mobile Friendly? Pengertian dan Pentingnya dalam SEO

Saat ini, perangkat mobile kian mendominasi. Dengan begitu, sangat penting untuk memiliki website mobile friendly. Situs website yang dimaksud yakni yang responsif dan optimal untuk pengguna mobile.

Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang website yang mobile friendly, mulai dari pengertian dan alasan pentingnya dalam ranah SEO. Mari simak selengkapnya!

Apa itu Website Mobile Friendly?

website mobile friendly

Website Mobile Friendly mengacu pada desain dan pengembangan situs web agar tampil dengan baik dan responsif di berbagai perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Hal ini melibatkan penyesuaian antarmuka pengguna, tata letak, dan elemen desain agar dapat diakses dengan lancar tanpa perlu terjadi perubahan tampilan yang signifikan atau masalah pada layar perangkat seluler.

Pentingnya Website Mobile Friendly dalam SEO

Optimasi untuk perangkat seluler adalah faktor krusial dalam strategi SEO. Beberapa alasan yang membuat website mobile friendly penting dalam SEO adalah sebagai berikut.

  1. Kemudahan Aksesibilitas

Memiliki website yang mobile friendly meningkatkan penjualan dan konversi karena pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dan terlibat dengan merek. Ini membantu menciptakan loyalitas jangka panjang dan mempertahankan pelanggan.

  1. Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan

Pelanggan cenderung percaya pada merek yang dapat diakses dengan mudah di mana pun dan kapan pun. Situs web yang mobile friendly memberikan kesan brand yang fleksibel, adaptif, dan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan melalui inovasi.

  1. Meningkatkan SEO dengan Efektif

Algoritma mesin telusur seperti Google lebih memprioritaskan situs web yang mobile friendly karena potensinya dalam meningkatkan penjualan dan konversi secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga dan meningkatkan peringkat SEO dengan memiliki situs yang responsif terhadap perangkat mobile.

  1. Efisiensi Biaya dan Pengelolaan yang Mudah

Situs web yang mobile friendly memiliki biaya operasional yang lebih rendah karena tidak memerlukan pengembangan terpisah untuk versi mobile dan desktop. Kemampuannya untuk menampilkan konten dengan baik di semua jenis perangkat juga membuatnya lebih mudah diubah dan dikelola, menghasilkan pengembangan dan pengelolaan yang lebih efisien.

Paduan Membuat Website Mobile Friendly

Lantas, bagaimana cara membuat website yang mobile friendly? Di bawah ini adalah uraian lengkapnya.

  1. Membuat Desain Responsif

Website responsif menampilkan tampilan yang optimal di berbagai perangkat seperti desktop, tablet, dan smartphone. Saat diakses via smartphone atau laptop, situs web yang mobile friendly dapat menyesuaikan tampilan layar perangkat.

  1. Memanfaatkan Accelerated Mobile Pages (AMP)

Accelerated Mobile Pages (AMP) merupakan teknologi dari Google yang bertujuan untuk mempercepat waktu muat halaman situs web di perangkat mobile. Dengan mengaktifkan AMP, situs web akan meningkatkan kecepatannya tanpa kehilangan organic traffic.

AMP menggunakan cache untuk menyimpan data situs web di perangkat, serta mengoptimalkan server dengan langkah-langkah seperti pengamanan situs melalui protokol HTTPS, pembatasan dimensi gambar, pengurangan kualitas gambar untuk mempercepat muatan, dan penyesuaian format gambar sesuai dengan tampilan mobile.

  1. Meningkatkan Kecepatan Situs

Kecepatan situs web menjadi elemen krusial dalam menjadikan situs web ramah terhadap perangkat mobile. Kecepatan situs web juga memiliki dampak terhadap tingkat tinggalkan pengguna atau bounce rate.

  1. Optimalisasi Gambar

Optimalisasi gambar pada situs web sangat penting. Banyak pemilik situs yang kurang memperhatikan format atau ukuran gambar yang dapat membuat situs menjadi lambat dan menggunakan memori disk server secara berlebihan.

Langkah-langkah optimasi meliputi pemilihan format seperti WebP, JPG, atau JPEG untuk menghemat ruang disk, serta kompresi gambar melalui platform seperti TinyPNG atau TinyJPG guna mengurangi ukuran file.

Selain itu, disarankan menyesuaikan dimensi gambar sebelum mengunggahnya ke situs dengan menggunakan alat seperti Paint atau Picasa. Pemilik situs WordPress dapat memasang plugin seperti WP Smush untuk membantu optimalisasi gambar, bahkan mengecek resolusi gambar yang belum optimal.

Diperlukan penambahan title text dan alt text pada gambar untuk memaksimalkan SEO. Dalam title text, disarankan untuk memasukkan kata kunci yang relevan, sedangkan pada alt text, deskripsikan konten atau tampilan gambar tersebut untuk memperjelas informasi kepada pengguna dengan bantuan teks alternatif.

  1. Desain Menu yang Sederhana

Layar perangkat desktop dan mobile memiliki dimensi yang berbeda, sehingga desain menu situs web perlu disesuaikan. Untuk versi mobile, langkah-langkah penting dalam pembuatan menu meliputi:

  • Pemasangan navigasi tetap (sticky menu) untuk akses yang mudah
  • Menampilkan menu penting saja untuk menghindari kebingungan pengunjung
  • Menyimpan opsi menu lain dalam collapsible navigation sidebar
  • Menciptakan CTA yang jelas
  • Menggunakan tombol besar
  • Menghindari penggunaan sidebar untuk konten karena biasanya muncul di bagian bawah halaman mobile.
  1. Pemilihan Jenis Font yang Sesuai

Jenis font yang dipilih untuk situs web memiliki dampak signifikan terhadap tingkat kelayakan situs untuk perangkat mobile. Keterbatasan ruang pada perangkat mobile memengaruhi tampilan umum situs.

Pemilihan font yang tepat memastikan konten situs dapat dibaca dengan baik. Selain itu, font juga dapat mempengaruhi citra merek dan impresi pengunjung ketika mereka mengakses situs Anda.

Font dengan desain dekoratif cenderung kurang cocok untuk perangkat mobile. Disarankan untuk menggunakan maksimal dua jenis font yang sederhana, menarik, dan mudah dibaca.

  1. Pembuatan Formulir yang Sederhana

Membuat formulir sesuai dengan tujuannya dan seefisien mungkin, dengan hanya menyertakan field yang diperlukan untuk menghindari memperlambat kecepatan situs.

  1. Menghindari Penggunaan Pop-Up

Mengurangi atau menghindari penggunaan pop-up pada situs web mobile karena dapat mengganggu pengalaman pengguna dengan ruang layar yang terbatas.

  1. Menghindari Penggunaan Flash

Menghindari penggunaan Flash karena dapat memperlambat respons halaman, meningkatkan waktu pemuatan, serta memiliki dampak negatif pada kualitas SEO situs web, terutama pada perangkat mobile yang tidak mendukung teknologi Flash.

Membuat Website Berkualitas dengan Mudah di Amsa Studio!

Ingin memiliki situs website yang berkualitas? Amsa Studio siap membantu! Dapatkan situs web dengan layanan server terbaik yang responsif, mudah digunakan, ramah SEO, dan terindeks oleh Google dari jasa pembuatan website Amsa!

Jangan ragu, karena kami telah profesional dalam bidang ini. Langsung saja kunjungi situs web Amsa Studio sekarang untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved