Meta Tag: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya dalam SEO

google news

Meta Tag merupakan elemen penting yang berperan dalam mengoptimalkan sebuah halaman web agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo. Memang elemen ini terdapat di dalam kode HTML halaman web dan tidak terlihat oleh pengunjung situs secara langsung.

Namun, mereka memiliki peran yang sangat penting dalam membantu mesin pencari memahami konten sebuah halaman web. Artikel ini akan menjelaskan pengertian, jenis, serta fungsi dari Meta Tag dalam ranah SEO. Yuk, simak selengkapnya!

Pengertian Meta Tag

meta tag

Meta Tag adalah ringkasan yang terlihat pada halaman hasil pencarian dan berfungsi sebagai deskripsi konten. Dengan kata lain, Meta Tag merupakan gambaran singkat tentang isi sebuah konten yang disajikan kepada Google atau mesin pencari lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa elemen ini bukan bagian dari konten aktual yang terlihat oleh pengguna. Sebaliknya, mereka biasanya ditempatkan di dalam bagian ‘head‘ dari kode sumber halaman web Anda.

Meskipun Meta Tag ditulis dalam format HTML, mereka bukan bagian dari konten visual pada halaman web Anda. Jika Anda tidak memiliki keahlian dalam HTML, penggunaan plugin SEO pada platform seperti WordPress dapat membantu Anda dalam penulisan Meta Tag.

Pengoptimalan Meta Tag menjadi kunci karena dapat membantu website Anda untuk muncul di halaman awal hasil mesin pencari. Oleh karena itu, pemahaman dan pengaturan Meta Tag yang tepat sangat diperlukan untuk meningkatkan peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian.

Jenis-jenis Meta Tag

Tiga jenis Meta Tag yang sering digunakan dalam halaman web adalah Meta Title, Meta Description, dan Meta Keyword. Berikut adalah uraian singkat tentang masing-masing dari ketiganya:

1. Meta Title

Meta Title atau sering disebut sebagai Title Tag adalah judul yang muncul di Search Engine Results Page (SERP) sebagai tautan yang dapat diklik untuk mengakses halaman web. Menjadi elemen yang paling menonjol di hasil pencarian, Meta Title membantu pengguna memahami konten halaman sebelum mereka mengunjungi situs tersebut.

Elemen ini dapat diedit menggunakan kode HTML dan harus menjelaskan secara singkat dan menarik isi dari halaman web yang bersangkutan. Menempatkan kata kunci yang relevan di Meta Title dapat membantu meningkatkan visibilitas dalam hasil pencarian.

2. Meta Description

Meta Description adalah cuplikan teks yang ditampilkan di bawah Meta Title pada hasil pencarian. Ini memberikan gambaran ringkas tentang isi halaman web. Mengandung informasi penting yang membantu pengunjung memutuskan apakah halaman tersebut relevan dengan kebutuhan mereka.

Dengan menyusun deskripsi yang menarik dan informatif, Meta Description dapat meningkatkan kemungkinan pengguna mengklik tautan dan mengunjungi situs web Anda. Deskripsi yang akurat dan relevan dengan konten situs web sangat penting untuk memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna.

3. Meta Keyword

Meta Keyword adalah kumpulan kata kunci atau frase yang ditempatkan di dalam tag Meta, yang sebelumnya digunakan untuk memberitahu mesin pencari tentang topik atau tema utama halaman web. Mesin pencari utama kini cenderung tidak menggunakan Meta Keyword sebagai faktor penentu peringkat.

Meskipun sudah dikonfirmasi bahwa meta keyword sebenarnya tidak berpengaruh samasekali terhadap SEO, namun statusnya tetap menjadi penting untuk dipelajari.

Fungsi Meta Tag

Meta tag memiliki beberapa fungsi penting dalam konteks optimasi SEO dan pengalaman pengguna. Berikut ini adalah uraian di antaranya:

1. Memperbaiki Peringkat SEO

Meta tag membantu mesin pencari memahami konten sebuah halaman web, membantu mereka menentukan relevansi dan peringkat halaman tersebut dalam hasil pencarian. Dengan memasukkan kata kunci yang tepat dan relevan dalam Meta Title dan Meta Description, Anda dapat meningkatkan kemungkinan halaman web muncul dalam hasil pencarian untuk kata kunci tertentu.

2. Menarik Perhatian Pengguna

Meta Description yang menarik dan informatif dapat meningkatkan kemungkinan pengguna mengklik tautan dan mengunjungi halaman web. Sementara itu, Meta Title yang menarik dan relevan dapat menarik perhatian pengguna dalam hasil pencarian dan meningkatkan klik ke halaman situs.

3. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Meta tag membantu dalam memberikan informasi yang lebih baik kepada pengguna tentang isi halaman web sebelum mereka mengunjungi situs tersebut. Deskripsi yang tepat dan judul yang informatif dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan memastikan bahwa halaman yang mereka kunjungi sesuai dengan apa yang mereka cari.

4. Kontrol Terhadap Pengindeksan dan Tampilan Halaman

Tag ini memungkinkan Anda untuk mengontrol bagaimana mesin pencari mengindeks halaman web Anda, apakah untuk diindeks sepenuhnya, hanya sebagian, atau diabaikan. Membantu dalam desain responsif, tag ini mengatur bagaimana halaman web ditampilkan di berbagai perangkat, memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik pada perangkat mobile.

5. Kompatibilitas dengan Sosial Media dan Bagikan Konten

Meta tag ini memungkinkan konten Anda terlihat dengan baik saat dibagikan di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lainnya, dengan menentukan judul, deskripsi, dan gambar yang ditampilkan.

Optimasi Meta Tag Halaman Anda Dengan Jasa SEO Amsa

Dengan bantuan Jasa SEO dari Amsa, kami akan membantu untuk mengoptimalkan meta tag dan headline  halaman website anda agar mudah teroptimasi.

Kami akan memilih keyword dan search intent yang paling cocok dari konten website anda lalu menjadikannya sebagai meta tag. Dengan begitu, keywords yang anda target akan mudah teroptimasi.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved