Ketahui Pentingnya User Experience Dalam SEO

Dalam dunia digital, peran Search Engine Optimization (SEO) sangat penting bagi keberhasilan suatu situs web. Namun, ada aspek yang tak boleh Anda lewatkan dalam upaya meningkatkan peringkat SEO, yaitu user experience (UX) atau pengalaman pengguna. Pentingnya user experience dalam SEO tidak bisa dipandang sebelah mata.

Mari kita kupas lebih dalam mengenai peran dan pentingnya UX dalam mendukung strategi SEO yang sukses!

Apa itu User Experience?

user experience dalam SEO

User experience adalah keseluruhan pengalaman yang dirasakan oleh pengguna saat berinteraksi dengan sebuah situs web, aplikasi, atau produk digital. Ini mencakup faktor-faktor seperti kegunaan (usability), keterlibatan (engagement), aksesibilitas, dan kepuasan pengguna.

UX bertujuan untuk memastikan pengguna mendapatkan pengalaman yang baik, informatif, dan memuaskan saat berada di situs web tertentu. Kualitas user experience pada suatu situs web dapat dianggap baik ketika pengguna merasakan kemudahan dalam berinteraksi di dalamnya.

Pentingnya User Experience dalam SEO

Pentingnya user experience dalam SEO terhubung erat dengan konsep Core Web Vitals. Core Web Vitals adalah sekumpulan metrik yang digunakan oleh Google untuk mengevaluasi pengalaman pengguna pada sebuah situs web.

Google di tahun 2020 mengumumkan tiga metrik utama yang membentuk Core Web Vitals, yang menjadi penilaian dalam hal pengalaman pengguna bagi Google. Adapun penjelasan terkait tiga metrik tersebut seperti di bawah ini.

1. Largest Contentful Paint (LCP)

Largest Contentful Paint (LCP) adalah ukuran untuk menilai waktu yang dibutuhkan suatu halaman dalam menampilkan konten utama yang dapat dilihat oleh pengguna. Konten utama ini meliputi elemen visual terbesar seperti gambar atau teks yang muncul di viewport.

2. First Input Delay (FID)

First Input Delay (FID) adalah pengukuran waktu yang dibutuhkan oleh sebuah halaman web untuk merespons input dari pengguna. Input pengguna ini bisa berupa klik pada tombol, tautan, video, atau audio yang ada di halaman. FID fokus pada responsivitas dalam model performa RAIL.

3. Cumulative Layout Shift

Cumulative Layout Shift digunakan oleh Google untuk menilai stabilitas visual dan mengukur pergeseran yang tidak terduga dalam tata letak halaman. Pergeseran ini mengacu pada perubahan yang terjadi pada elemen halaman, seperti pergeseran tombol, gambar, dan teks ketika halaman masih dalam proses pemuatan. Pergeseran semacam ini dapat mengganggu pengalaman pengguna.

Pengaruh user experience terhadap SEO terkait dengan ketiga metrik di atas. Google menggunakan metrik ini untuk menilai pengalaman pengguna yang disajikan oleh suatu halaman web dan menjadikannya faktor penentu peringkat di Search Engine Results Page (SERP).

Semakin tinggi nilai metrik dari ketiga aspek di atas, semakin besar dampaknya terhadap peringkat halaman di SERP Google. Oleh karena itu, penting bagi situs web untuk memastikan bahwa nilai-nilai metrik tersebut optimal guna memperoleh peringkat yang lebih baik di hasil pencarian Google.

Strategi Meningkatkan User Experience pada Website

Berikut adalah beberapa strategi untuk meningkatkan user experience pada sebuah situs web.

1. Desain yang Sederhana dan Responsif

Desain yang sederhana dan responsif sangat penting untuk pengalaman pengguna yang baik. Desain yang rumit cenderung mengakibatkan pengalaman yang kurang memuaskan, mungkin membuat pengguna meninggalkan situs.

Rancang halaman situs dengan tujuan yang jelas. Misalnya, pada halaman produk, fokus pada kemudahan eksplorasi informasi dan transaksi. Konsistensi desain juga perlu diperhatikan untuk memastikan keseragaman pada setiap halaman, termasuk ikon, font, dan layout.

2. Website Mobile Friendly yang Memadai

Karena separuh pengguna Google menggunakan perangkat mobile, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa situs web Anda ramah terhadap perangkat mobile atau juga disebut website mobile friendly. Ini mencakup perhatian terhadap tata letak, tampilan, gambar, teks, dan elemen lainnya ketika diakses melalui perangkat mobile.

Keunggulan mobile friendliness ini akan meningkatkan pengalaman pengguna, juga berpotensi memberikan dampak positif pada peringkat SEO di SERP.

3. Optimalisasi Kecepatan Website

Meningkatkan kecepatan pemuatan halaman situs web juga merupakan langkah penting dalam memaksimalkan pengalaman pengguna. Semakin cepat situs web Anda dimuat, semakin baik pengalaman yang dirasakan oleh pengunjung.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan pemuatan halaman, seperti mengompresi file gambar, menggunakan layanan hosting yang berkualitas, menerapkan clean code, menggunakan tema website yang ringan, dan menerapkan teknik caching serta pembaharuan versi CMS.

4. Navigasi yang Mudah Dipahami

Memastikan bahwa situs web Anda memiliki navigasi yang mudah dipahami adalah kunci penting. Navigasi ini termasuk menu utama, menu dropdown, kotak pencarian, label, dan elemen lain yang memudahkan pengguna dalam mengeksplorasi produk atau halaman di situs web Anda.

5. Penggunaan Heading yang Tepat

Penggunaan heading di halaman situs web juga berperan penting dalam memudahkan pengguna dalam memahami konteks halaman tersebut. Struktur hierarki heading (H1, H2, dan seterusnya) yang jelas membantu pengguna menavigasi dan memahami konten tanpa harus membaca dari awal.

6. Menggunakan Logo yang Jelas

Logo bukan hanya elemen desain, tapi juga bisa menjadi navigasi penting bagi pengunjung situs web. Logo yang jelas dan berfungsi dengan baik sebagai tautan ke halaman beranda situs dapat meningkatkan kemudahan navigasi bagi pengunjung.

7. Penempatan Iklan yang Tepat

Memperhatikan penempatan iklan pada situs web sangatlah penting. Iklan yang berlebihan dan mengganggu pembacaan konten dapat memberikan pengalaman pengguna yang buruk.

8. Menghindari Judul yang Menyesatkan

Judul atau headline yang menyesatkan dapat mempengaruhi tingkat bounce rate. Pengalaman pengguna yang buruk akan meningkatkan kemungkinan pengunjung meninggalkan situs tanpa melakukan interaksi.

9. Konten yang Jelas dan Call-to-Action (CTA) yang Tepat

Pastikan konten situs web Anda jelas dan mudah dipahami. Hindari bahasa yang membingungkan. Pengguna juga harus dipandu dengan Call-to-Action yang tepat dan sesuai dengan tujuan halaman tersebut.

10. Pengukuran dengan Alat yang Sesuai

Menggunakan alat seperti Google Search Console, Pagespeed Insight, dan Lighthouse dapat membantu Anda memantau performa dan pengalaman pengguna situs web Anda secara keseluruhan. Dengan ini, Anda dapat mengidentifikasi masalah dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna situs web Anda, yang pada gilirannya akan mendukung peningkatan peringkat SEO dan menjadikan situs Anda lebih menarik bagi pengunjung.

Membuat Website yang Berkualitas bersama Amsa Studio!

Dengan menggunakan jasa pembuatan website dari Amsa Studio, anda akan mendapatkan desain website yang pastinya enak dipandang mata yang meningkatkan engagement audience anda. Kami siap membantu Anda menciptakan website berkualitas tinggi yang tidak hanya memperhatikan user experience, tetapi juga dapat membantu situs Anda meraih peringkat teratas di Google dengan bantuan Jasa SEO.

Jangan ragu lagi, kunjungi situs web Amsa sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved