Keyword Difficulty: Pengertian dan Cara Analisisnya

google news

Memilih keyword atau kata kunci yang tepat sangat penting dalam proses SEO. Salah satu hal yang harus SEO specialist lihat saat menentukan keyword adalah keyword difficulty.

Paham keyword difficulty atau kompetisi kata kunci akan membantu SEO specialist ketika menilai potensi kata kunci tersebut untuk ranking di SERP.

Lantas, bagaimana cara menilai suatu kata kunci punya keyword difficulty yang realistis atau tidak?

Pengertian Keyword Difficulty

Sebelum membahas cara menilai keyword difficulty suatu kata kunci, ada baiknya kita paham dulu apa definisi dari keyword difficulty itu sendiri.

Keyword difficulty atau kompetisi kata kunci adalah peluang suatu konten dengan keyword tertentu bisa ranking di SERP.

Selain search volume dan kata kunci relevan, kompetisi kata kunci ini juga sama pentingnya untuk SEO specialist perhatikan saat riset kata kunci.

Sesuai namanya, makin kecil kompetisinya, makin besar peluang kontenmu bisa ranking di SERP dan begitu pun sebaliknya.

Memilih iklim kompetisi yang sesuai sangat penting agar websitemu bisa mempunyai artikel atau halaman yang ranking di keyword tertentu dan akhirnya mendatangkan traffic.

Cara Analisis Keyword Difficulty

Ada beberapa hal yang perlu SEO specialist perhatikan saat menilai keyword difficulty suatu kata kunci, antara lain:

1. Website yang Ranking di Keyword Tersebut

Cara pertama untuk menganalisis kompetisi kata kunci adalah dengan mengecek website apa saja yang masuk 10 besar ranking di SERP.

Hal ini cukup efektif untuk memberi informasi tentang website seperti apa yang ranking di kata kunci yang sedang kamu analisis, apakah website besar, terkenal, dan trafficnya besar atau website yang tidak begitu populer seperti blog.

Suatu kata kunci yang ranking 10 besarnya dikuasai oleh website besar cenderung punya tingkat kompetisi yang tinggi.

Kalau skala websitemu belum sebesar itu untuk bersaing dengan website besar, peluangmu untuk ranking lebih kecil, meskipun masih ada peluang.

Namun, akan berbeda jika keyword yang kamu uji punya tingkat kompetisi yang rendah. Peluangmu untuk ranking tentu lebih besar, meskipun tidak ada jaminan websitemu pasti ranking. 

2. Jenis Kata Kunci

Jenis kata kunci juga punya pengaruh terhadap kompetisi kata kunci. Misalnya saja, branded keyword pasti akan dikuasai oleh brand yang bersangkutan.

Lalu, panjang kata kunci juga biasanya punya pengaruh ke keyword competition. Long tail keyword biasanya punya tingkat persaingan yang lebih rendah daripada short tail keyword.

3. Hasil Analisis dari Tool SEO

Tools SEO juga sangat membantu dalam menilai keyword difficulty. Beberapa tools seperti Ahrefs, Ubersuggest, Moz, Semrush, dan sebagainya punya fitur untuk menilai tingkat kompetisi suatu kata kunci.

Namun, tiap tool punya istilah yang berbeda-beda. Misalnya, di Ubersuggest memakai istilah SEO difficulty dan di Semrush memakai istilah keyword difficulty.

4. Fitur yang Muncul di SERP

Fitur yang muncul di SERP juga salah satu faktor yang bisa SEO specalist perhatikan saat menganalisis kompetisi kata kunci.

Jika kamu menemukan fitur tambahan di SERP seperti featured snippet atau knowledge panel, maka biasanya kata kunci tersebut punya tingkat kompetisi yang lebih tinggi.

Memahami dan menerapkan keempat hal di atas merupakan cara efektif untuk menilai kompetisi kata kunci di hasil pencarian. Keempat faktor tersebut bisa membantu SEO specialist untuk memahami tingkat persaingan di keyword tertentu dengan lebih baik.

Pilih Keyword Difficulty sesuai Dengan Kemampuan!

Memilih kata kunci yang sesuai punya peran vital dalam keberhasilan strategi SEO. Maka dari itu, SEO specialist harus betul-betul memperhatikan apa saja keyword yang sesuai untuk website mereka.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk menilai apakah keyword tersebut sesuai atau tidak – volume, search intent, relevansi dengan brand, dan tentu saja tingkat persaingannya di SEO.

Memilih kata kunci dengan tingkat kompetisi sesuai sangat penting agar website bisa bersaing di “lingkungan” yang semestinya.

Ibarat atlet, tidak mungkin atlet pemula ditaruh di kelas yang sama dengan atlet kelas dunia.

Hal seperti itu pun juga berlaku untuk website. Suatu website harus bersaing di tingkat persaingan yang sesuai agar SEO bisa berjalan optimal.

Jika anda memiliki bisnis di Surabaya dan membutuhkan team SEO, maka Amsa Studio memiliki produk Jasa SEO Surabaya yang bisa anda gunakan. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved