Memanfaatkan Fitur Tersembunyi WordPress untuk SEO yang Lebih Baik

WordPress adalah sistem manajemen konten (Content Management System/CMS) yang populer dan serbaguna, yang digunakan untuk membuat dan mengelola situs web. Diluncurkan pada tahun 2003, WordPress awalnya dikembangkan sebagai platform untuk blogging, tetapi seiring waktu, telah berkembang menjadi CMS yang sangat fleksibel yang dapat digunakan untuk berbagai jenis situs web, termasuk situs bisnis, toko online, portofolio, forum, dan banyak lagi.

Sebelum anda akan membuat website dengan WordPress , mungkin pertanyaan pertama yang muncul adalah, “apakah WordPress masih relevant?” Jika melihat fungsionalitasnya, WordPress sangat tepat bagi user yang lebih mengutamakan fleksibilitas dibanding kemudahan. Fitur dan fungsinya yang beragam menjadikan WordPress cocok untuk mengembangkan proyek apa pun, baik itu blog pribadi maupun website eCommerce multi-level.

Fitur dan Karakteristik Utama WordPress

Tema dan Plugin yang Dapat Disesuaikan

WordPress menyediakan berbagai tema dan plugin yang dapat disesuaikan, yang memungkinkan pengguna untuk membuat tampilan dan fungsionalitas situs web mereka sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

User-Friendly Interface

Antarmuka pengguna WordPress sangat ramah pengguna dan mudah dipahami, bahkan bagi pengguna yang tidak memiliki pengalaman teknis sebelumnya. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola konten situs web dengan mudah.

Komunitas Besar dan Dukungan yang Luas

WordPress memiliki komunitas pengguna yang besar dan aktif di seluruh dunia. Ini berarti bahwa ada banyak sumber daya, forum diskusi, tutorial, dan dukungan yang tersedia bagi pengguna yang membutuhkan bantuan atau informasi tambahan.

Gratis dan Open Source

Salah satu keunggulan utama WordPress adalah bahwa itu gratis dan open source. Artinya, siapa pun dapat mengunduh, menginstal, dan menggunakan WordPress tanpa biaya, dan kode sumbernya terbuka untuk disesuaikan sesuai kebutuhan pengguna.

Cari Tahu Fitur Tersembunyi untuk SEO

Dalam dunia pemasaran digital yang semakin kompetitif, optimasi mesin pencari (SEO) menjadi krusial bagi keberhasilan sebuah situs web. Namun, meskipun banyak pemilik situs WordPress fokus pada strategi SEO yang umum, mereka sering kali mengabaikan fitur tersembunyi WordPress yang sebenarnya bisa menjadi aset besar untuk meningkatkan peringkat situs web mereka dalam hasil pencarian.

Pemilihan Struktur Permalink yang Optimal

Salah satu fitur tersembunyi yang sering diabaikan oleh pengguna WordPress adalah kemampuan untuk mengatur struktur permalink. Permalink adalah URL permanen untuk setiap halaman, posting, atau konten di situs Anda. Dalam hal SEO, penting untuk memiliki struktur permalink yang bersih dan mudah dimengerti oleh mesin pencari dan pengguna

Dalam pengaturan WordPress, Anda dapat memilih struktur permalink yang optimal dengan menghindari penggunaan parameter yang panjang dan tidak relevan. Sebagai contoh, struktur permalink yang mengandung nama posting atau kategori akan lebih disukai daripada yang hanya mengandung nomor ID.

Index dan Non-index Page Secara Mudah

WordPress memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk menyembunyikan halaman atau posting tertentu dari indeks mesin pencari. Fitur ini berguna jika Anda memiliki konten yang tidak relevan atau tidak ingin ditampilkan dalam hasil pencarian. Dengan cara ini, Anda dapat memfokuskan upaya SEO Anda pada konten yang paling penting dan relevan bagi audiens Anda, sambil menyembunyikan halaman-halaman yang kurang bermanfaat.

Penggunaan Heading Structure yang Tepat

Tag heading (H1, H2, H3, dst.) adalah elemen penting dalam struktur konten HTML. WordPress secara otomatis menetapkan tag heading berdasarkan hierarki struktur konten Anda, tetapi sering kali pengguna mengabaikan penggunaan yang optimal dari tag heading.

Penggunaan tag heading yang tepat dapat membantu mesin pencari memahami struktur konten situs Anda dan memperbaiki peringkat SEO Anda. Pastikan untuk menggunakan tag heading secara hierarkis, dimulai dengan satu tag H1 untuk judul utama halaman atau posting, diikuti oleh tag-heading yang sesuai untuk sub-judul dan bagian-bagian penting lainnya.

Menonaktifkan Komentar di Halaman yang Tidak Perlu

Komentar pengguna di halaman atau posting WordPress sering kali menjadi sasaran spam dan dapat mengganggu pengalaman pengguna. Terlebih lagi, komentar yang tidak relevan atau berlebihan dapat mempengaruhi peringkat SEO secara negatif.

Penggunaan Fungsi Redaksi WordPress

Fitur Redaksi WordPress memungkinkan Anda untuk menunda publikasi posting sampai waktu tertentu di masa depan. Ini adalah fitur yang berguna untuk mengatur jadwal publikasi konten secara terencana, yang dapat membantu Anda mempertahankan konsistensi dan disiplin dalam strategi konten Anda. Dalam konteks SEO, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mempublikasikan konten pada waktu yang optimal, saat audiens Anda aktif online atau saat ada peristiwa atau tren yang relevan dengan topik yang Anda bahas.

Buka Peluang Digital dengan Amsa Studio!

Dengan memanfaatkan fitur tersembunyi WordPress yang sering diabaikan, Anda dapat meningkatkan efektivitas strategi SEO Anda dan membantu situs web Anda untuk bersaing lebih baik dalam pasar digital yang semakin kompetitif. Dari pengaturan struktur permalink yang optimal hingga penggunaan tag heading yang tepat, setiap fitur memiliki potensi untuk membantu meningkatkan peringkat situs Anda dalam hasil pencarian.

Amsa Studio mampu membantu Anda dengan Jasa SEO untuk berbagai keperluan digital Anda. Jangan ragu untuk memakai jasa kami, agar penggunaan SEO pada platform digital Anda bisa lebih maksimal

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved