Apakah Artikel ChatGPT Bisa Page One?

Hadirnya Chat GPT ternyata dipandang positif oleh banyak blogger di seluruh dunia. Banyak para pelaku blogger menggunakan Chat GPT sebagai tool untuk memproduksi konten artikel pada websitenya.

Akan tetapi, belakangan ini muncul banyak pernyataan bahwa artikel ChatGPT tidak direkomendasikan karena sulit dioptimasi.

Eksperimen Dengan Artikel ChatGPT

Dalam kasus ini, tim writer Amsa Studio melakukan beberapa eksperimen dengan membuat beberapa artikel menggunakan ChatGPT dan melihat hasilnya.

Kami membuat 3 bentuk artikel:

  1. Membuat artikel dengan ChatGPT secara utuh
  2. Membuat artikel dengan ChatGPT secara setengah-setengah (kombinasi AI dan manusia), dan
  3. Membuat artikel dengan 100% tulisan tangan

Berdasarkan eksperimen yang kita lakukan, memang membuat artikel dengan 100% tulisan tangan lebih mudah dioptimasi. Namun kami juga menemukan bahwa membuat artikel dengan ChatGPT secara setengah-setengah juga bisa dioptimasi secara mudah.

Mengapa Artikel ChatGPT Susah Dioptimasi?

Jika kita menggunakan ChatGPT dengan prompt yang langsung perintah membuat artikel, secara keseluruhan konten artikel tersebut akan cenderung sama. Artinya, jika ada 10 orang membuat artikel menggunakan ChatGPT dengan tema yang sama dengan artikel anda, kemungkinan besar hasil artikel tersebut akan senuansa.

Mungkin, inilah yang dimaksud oleh Google bahwa produksi konten dengan AI tidak direkomendasikan, yaitu karena hasil yang sama. Google mungkin sudah menemukan cara bagaimana mendeteksi konten AI secara mudah.

Selain itu, Google sepertinya mencoba untuk mengutamakan adanya diferensiasi pada SERP, sehingga informasi yang users dapatkan akan bervariasi dan meningkatkan tingkat kepuasan. Hal tersebut cukup masuk akal karena tujuan dari Google search sendiri yang berupaya untuk menjadi robot penyedia jawaban segala bentuk pertanyaan, yang dimana terkadang satu jawaban tidak cukup memuaskan pertanyaan seseorang.

Jika semua artikel menggunakan AI, maka semua jawaban akan sama, dan orang akan berhenti mencari pertanyaan di Google Search.

Bagaimana Cara Membuat Artikel ChatGPT yang Benar?

Jika anda teteap ingin menggunakan ChatGPT untuk memproduksi konten artikel website anda, maka anda bisa mengikuti beberapa tips dari kami:

1. Jangan Gunakan 1 Promopt

Jika anda ingin mendapatkan hasil yang bervariasi, maka jangan pernah menggunakan satu promot. Misal anda menggunakan 1 promot untuk menulis artikel tertentu, lalu setelah hasilnya muncul, coba ajukan pertanyaan lagi untuk mendapatkan jawaban yang lebih detail.

Cobalah untuk menjadi seseorang yang benar-benar mencari Informasi. Seperti anak kecil yang terus bertanya kepada orang tuanya terhadap sesuatu sampai ke akar-akarnya.

2. Jangan 100% Menggunakan Hasil dari ChatGPT

Jika anda sering menggunakan ChatGPT, anda pasti sudah tahu bahwa terkadang kata-kata dari ChatGPT sangat aneh. Hal tersebut karena mereka mentranslate dari bahasa lain ke bahasa Indonesia, yang sejauh ini belum ada translate tools sempurna.

Anda harus selalu mengecek, dan melakukan adjustment agar artikel anda nantinya enak untuk dibaca, dan tidak ada kata-kata yang janggal.

3. Hanya Untuk Konten Evergreen

Saya sangat menyarankan membuat artikel menggunakan AI hanya untuk konten evergreen. Hal tersebut karena AI tidak bisa memberikan real time data, selalu ada jeda entah 1 tahun atau lebih.

Jika anda ingin membuat konten viral tentang apa yang terjadi saat ini, kemungkinan besar ChatGPT tidak akan bisa memberikan hasil artikel yang sesuai, atau seringnya tidak bisa memberikan jawaban apapun.

4. Baca Lagi Artikel Anda

Membaca kembali artikel yang telah dibuat memang tidak hanya untuk artikel ChatGPT, namun untuk semua jenis artikel. Hal tersebut untuk menghindari adanya kalimat-kalimat yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan gaya kepenulisan kita.

Dengan membaca kembali artikel hasil ChatGPT, anda bisa mendapatkan hasil artikel yang sempurna, dan tentu saja memuaskan pembaca anda.

Bagaimana Amsa Studio Bisa Membantu Anda

Jika anda merasa, “kok bikin artikel susah sekali ya?”.

Tenang, Amsa Studio bisa membantu ada. Dengan jasa SEO dari kami, anda bisa mendapatkan artikel yang 100% berkualitas tinggi dan tidak asal copy paste dari ChatGPT.

Jika anda tertarik, silahkan hubungi team kami dengan cara klik icon WhatsApp di pojok kanan bawah.

Kesimpulan

Artikel dengan ChatGPT memang susah untuk bisa page one karena hasil dari kontennya yang cenderung selalu sama, dan itu tidak bagus di mata Google search engine. Untuk bisa membuat konten ChatGPT yang bagus, anda harus memadukan antara AI dan tulisan tangan anda.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved