Pengertian Google PageRank dan Perjalanannya untuk SEO Specialist Pemula

google news

Google PageRank adalah algoritma yang digunakan oleh Google search engine untuk menentukan rangking halaman website. Algoritma ini dikembangkan pertama-kali oleh pendiri Google itu sendiri yaitu Larry page dan Segey brin.

PageRank merupakan salah satu bagian paling utama dalam Google search engine dan itulah yang menjadikan Google menjadi sebesar sekarang.

Semua SEO specialist harus mengerti tentang apa itu pageRank atau sistem rangking dalam Google search engine dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu PageRank?

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, algoritma dalam PageRank ini pertama-kali dikembangkan oleh founder Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Algoritma ini berdasarkan pada seberapa banyak dan kuatnya semua hyperlink yang ada di internet.

Algoritma ini pertamakali dipublikasikan pada bulan Januari 1999. Awalnya, digunakan untuk mengukur kekuatan halaman pada satu website.

pagerank
Image from patents.google.com, April 2023

Jurnal ini dipatenkan di Amerika Serikat, tapi tidak di Eropa karena Matematika tidak bisa dipatenkan.

pagerank
Image from patents.google.com, April 2023

Stanford University memiliki hak paten pada algoritma ini dan dipinjamkan ke Google. Paten ini akan habis masanya pada 2027.

pagerank
Image from patents.google.com, April 2023

Perkembangan Google PageRank

pagerank

Ketika di Stanford pada tahun 1990-an, page dan Brian mempelajari tentang information retrieval methods atau metode pencarian informasi.

Waktu itu, dengan cara menggunakan tautan pada satu halaman untuk menentukan seberapa pentingnya setiap halaman adalah satu hal yang luar biasa. Meskipun secara praktiknya akan sangat susah namun tentu saja bukan hal yang mustahil.

Dengan metode tersebut, lalu lahirlah Google. Pada waktu itu Google masih menjadi website mesin pencari yang sangat kecil dan kalah jauh dari kompetitornya seperti Yahoo.

Meskipun pada awalnya memang masih belum terlihat adanya kemungkinan Google untuk mendapatkan penghasilan dari mesin pencari, namun banyak lembaga yang percaya bahwa Google akan menjadi sesuatu yang besar di masa depan.

Google yang saat itu lebih dikenal dengan nama “BackRub” adalah search engine dengan menggunakan PageRank sebagai algoritmanya untuk memberi peringkat halaman di SERP.

The Google Dance

Salah satu tantangan terbesar dari pengembangan algoritma mesin pencari Google adalah perhitungan matematisnya itu sendiri.

Algoritma dalam PageRank harus bekerja beberapa kali dan menjelajahi setiap halaman di internet yang bisa memakan waktu berhari-hari.

Algoritma dalam Google SERP sendiri telah mengalami berbagai perubahan dari awal berdiri hingga sekarang. Perubahan ini ditujukan agar hasil dari PageRank yang disajikan oleh Google search engine selalu relefan dengan apa yang dicari oleh users.

Perubahan algoritma ini kemudian disebut juga sebagai “Google Dance”. Google Dance inilah yang menjadi salah satu faktor utama mengapa SEO specialist harus mengikuti update terbaru dan mengapa profesi SEO specialist atau Jasa SEO sangat penting.

Trusted Seeds

PageRank kemudian memperkenalkan istilah “Trusted Seeds” yang ditujukan untuk domain baru. Tujuan dari Trusted Seeds ini adalah untuk memberikan nilai yang berbeda kepada semua domain/halaman ketika baru terindex di mesin pencari Google.

Reasonable Surfer

Reasonable Surfer merupakan gagasan bahwa PageRank mungkin tidak akan membagikan satu halaman secara merata dengan halaman yang ditautkannya.

Hal ini karena PageRank harus melihat dan menimbang nilai relatif dari setiap halaman atau tautan berdasarkan seberapa besar kemungkinan users mengklik tautan tersebut.

Mundurnya PageRank

Pada awalnya, sistem rangking dengan mengandalkan “suggestion” dari page lain atau yang disebut dengan istilah backlink ini sangatlah manjur. Namun pada akhirnya, sistem ini harus “ditarik” oleh Google sendiri karena memiliki potensi kecurangan yang tinggi.

Ketika backlink menjadi salah satu pilar utama dalam algoritma mesin pencara Google, maka banyak pengguna yang curang. Para publisher tidak terlalu mengutamakan kualitas pada konten melainkan kuantitass backlink semata.

Dengan permasalahan ini, sejak tahun 2017, Matt Cutts mendorong para SEO Specialist agar tidak memanipulasi PageRank dengan hanya menggunakan Backlink.

Sejak saat itu, algoritma Google berubah secara berkala. Hingga saat ini, PageRank tidak hanya mengandalkan backlink semata namun lebih mengutamakan users experience dan konten yang otentik.

Penutup

Bagi SEO Specialist sangatlah penting untuk mengikuti update, berita, atau sejarah perkembangan algoritma PageRank dari Google search engine. Hal tersebut berguna agar kita bisa mengetahui apa maksud dan tujuan Google melakukan update dan bagaimana cara kita menyikapinya.

Follow akun instagram kami di @amsa.studio dan dapatkan informasi-informasi menarik seputar Amsa Studio dan kabar digital marketing. Jika anda membutuhkan team SEO untuk perusahaan, silahkan gunakan jasa SEO kami. Dapatkan jasa SEO dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved