Mengupas Tentang Google Sitelink dan Cara Mendapatkannya

Search Engine Optimization (SEO) merupakan elemen kunci dalam memastikan situs web Anda ditemukan oleh audience. Salah satu elemen yang berperan penting dalam peningkatan visibilitas situs web di halaman hasil pencarian Google adalah Google Sitelink.

Beberapa dari Anda mungkin cukup asing dengan istilah ini. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas apa itu Google Sitelink, cara mendapatkannya, serta pentingnya fitur ini dalam strategi SEO. Mari simak dengan seksama!

Apa itu Google Sitelink?

google sitelink

Google Sitelink adalah rangkaian tautan langsung ke halaman dalam suatu situs web yang ditampilkan di bawah hasil utama pencarian situs web di halaman hasil mesin telusur Google. Sitelink ini memberikan akses cepat ke halaman-halaman penting dalam situs web, memberikan pengguna kemampuan untuk langsung menuju bagian yang mereka cari.

Biasanya, Google Sitelink akan terlihat saat seseorang melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci spesifik, seperti nama merek tertentu, contohnya, “Amsa Studio.”

Perlu dicatat bahwa jumlah Sitelink yang ditampilkan bervariasi untuk setiap website. Ada yang menampilkan dua, empat, enam, atau bahkan delapan Sitelink. Namun, jumlah ini sepenuhnya ditentukan oleh algoritma Google dan bukan ditentukan oleh pemilik dari website tersebut.

Algoritma Google menggunakan Google Sitelinks untuk membantu pengguna menjangkau halaman-halaman populer dari suatu situs tanpa banyak klik. Namun, penting untuk diingat bahwa Sitelinks mungkin tidak ditampilkan oleh Google jika situs tersebut baru dibuat atau memiliki sedikit traffic pengunjung.

Cara Mendapatkan Google Sitelink

Proses mendapatkan Google Sitelink tidak bisa diprediksi secara pasti karena ditentukan oleh algoritma Google. Namun, beberapa praktik SEO dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan fitur ini. Adapun penjelasannya akan diuraikan lebih lanjut di bawah ini.

1. Pilih Nama Website yang Unik

Sitelink Google muncul dalam hasil pencarian dengan kata kunci tertentu yang terkait dengan nama merek. Tidak semua merek akan memperoleh sitelink, namun hanya yang memiliki nama yang unik dan menduduki peringkat teratas.

Contohnya, jika Anda memiliki toko online dengan nama “Toko Baju Online,” kemungkinan besar akan sulit mendapatkan sitelink karena pencarian pengguna lebih fokus pada daftar toko baju online daripada nama merek.

2. Capai Peringkat Pertama untuk Nama Merek Anda

Google Sitelink diberikan pada nama merek yang menempati peringkat teratas dalam hasil pencarian. Maka dari itu, usahakan agar nama merek Anda menduduki peringkat pertama di Google.

Mencapai peringkat teratas membutuhkan waktu, terutama untuk mendapatkan sitelink di bawahnya. Namun dengan upaya SEO yang tepat, Anda dapat mencapai peringkat tersebut.

3. Gunakan Data SEO Terstruktur

Google melakukan crawling dan indexing pada website untuk mencari data terstruktur yang membantu memahami keseluruhan situs. Data terstruktur ini dapat meningkatkan peluang mendapatkan Google Sitelink.

Anda bisa menggunakan plugin SEO seperti Rank Math Yoast SEO atau All in One SEO untuk memperbaiki struktur data SEO. Perlu diingat bahwa data SEO terstruktur tidak menjamin sitelink, tetapi dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkannya.

4. Jaga Struktur dan Navigasi Website yang Jelas

Struktur dan navigasi yang jelas bermanfaat bagi pengunjung dan juga meningkatkan peluang untuk mendapatkan sitelink. Hal ini memudahkan Google dalam crawling dan indexing, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menemukan konten yang mereka cari.

Anda dapat memperbaiki navigasi dengan menyusun menu navigasi dan menggunakan navigasi breadcrumb di website Anda. Menu navigasi yang teratur memudahkan navigasi pengunjung, sementara navigasi breadcrumb memungkinkan pengunjung untuk kembali ke halaman dengan topik yang sama.

Pastikan juga untuk membuat halaman penting seperti Kontak atau Tentang Kami, dan hubungkan halaman-halaman ini dengan halaman lain di website Anda.

5. Buat Sitemap XML dan Daftarkan Website di Google Search Console

Sitemap XML memudahkan Google untuk menganalisis halaman-halaman di website Anda. Dengan menggunakan sitemap XML, Google dapat lebih mudah mengetahui halaman mana yang penting dan layak untuk ditampilkan sebagai sitelink.

Buatlah sitemap XML dan daftarkan website Anda di Google Search Console untuk memperkuat peluang Anda mendapatkan sitelink.

6. Gunakan Internal Linking secara Konsisten

Internal linking (link antar halaman dalam satu website) membantu Google dalam menentukan halaman populer yang layak menjadi sitelink. Pastikan konten Anda memiliki banyak internal link.

7. Optimalisasi Judul Halaman Website

Pastikan judul halaman Anda relevan dengan kata kunci yang ingin Anda rangkingkan di Google. Google menggunakan judul halaman untuk membuat sitelink, maka pastikan judul halaman utama Anda relevan dengan isinya dan ringkas namun jelas.

Judul halaman yang tidak relevan dengan konten akan membingungkan Google dan dapat merusak peringkat, sehingga mengurangi peluang untuk mendapatkan sitelink.

8. Tingkatkan Brand Awareness

Kesadaran akan merek adalah tingkat pengetahuan masyarakat terhadap produk atau layanan. Semakin dikenal merek, semakin sering pencarian nama merek tersebut di Google.

Semakin banyak pencarian terkait merek di Google, semakin besar peluang untuk mendapatkan sitelink. Google melihat sitelink sebagai fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan pencari terhadap merek tersebut.

Alasan Mengapa Google Sitelink Penting dalam SEO

Google Sitelink merupakan hal yang diinginkan oleh pemilik bisnis dan praktisi SEO karena mampu membuat merek atau perusahaan lebih menonjol dalam hasil pencarian. Adapun alasan lainnya yang menyebabkan Google Sitelink penting adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan CTR

Click Through Rate (CTR) adalah perbandingan antara jumlah klik dengan jumlah tampilan. Umumnya, klik ini berasal dari hasil pencarian organik. Berdasarkan penelitian dari AWR, kebanyakan pengguna lebih cenderung untuk mengklik tiga hasil pencarian teratas di Google.

Tiga hasil pencarian teratas mendapatkan mayoritas klik. Sitelink dapat mengambil posisi yang sama dengan tiga hasil pencarian teratas. Ini akan memberikan pengunjung akses cepat ke berbagai halaman populer di situs web Anda dan mendorong mereka untuk melakukan klik.

Semakin banyak klik dari hasil pencarian, semakin stabil peringkat situs Anda di hasil pencarian dan pada akhirnya dapat meningkatkan CTR.

2. Meningkatkan Kepercayaan dan Kredibilitas

Kehadiran sitelink menandakan bahwa situs web tersebut populer, dioptimalkan dengan baik, dan dianggap bermanfaat oleh Google bagi pengguna. Sitelink memakan banyak ruang pada layar, baik pada perangkat komputer maupun ponsel.

Ini menunjukkan bahwa Google menganggap hasil pencarian teratas ini paling relevan dan terbaik dibandingkan dengan hasil pencarian lainnya.

3. Meningkatkan Kesadaran Produk

Dengan munculnya sitelink berisi tautan-tautan ke berbagai produk, sitelink Google membantu para pencari untuk lebih mengenali produk-produk unggulan suatu merek. Hal ini memungkinkan pencari untuk memperoleh informasi mengenai produk sebelum benar-benar masuk ke dalam situs web.

4. Menampilkan Halaman Terpopuler

Sitelink Google membantu pengguna menemukan halaman terpopuler di antara banyaknya konten yang ada pada suatu situs web. Misalnya, ketika mencari dengan kata kunci “News Amsa Studio,” sitelink akan menampilkan artikel-artikel terpopuler, membantu pengguna dalam menavigasi dan mengakses konten yang paling diminati.

5. Memfasilitasi Eksplorasi Lebih Lanjut di Situs Web

Bagi sebagian situs web, Google Sitelink menampilkan kotak pencarian yang memungkinkan pengguna mencari konten di dalam situs langsung dari halaman hasil pencarian Google. Fitur ini hanya diberikan kepada situs web dengan banyak konten. Ini karena Google menganggapnya membantu pengguna dalam menemukan berbagai konten di situs tersebut.

Dapatkan Google Sitelink dengan Optimasi SEO bersama Amsa Studio!

Optimalkan keberadaan situs web Anda dengan jasa SEO dari Amsa Studio untuk meningkatkan peluang mendapatkan Google Sitelink yang diinginkan. Dengan begitu, situs web Anda akan lebih mudah ditemukan oleh calon pengunjung dan meningkatkan eksposur secara signifikan.

Jangan ragu lagi, kunjungi segera website Amsa sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved