Apa Itu Strategi Blue Ocean Link Building dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Dalam dunia digital marketing yang terus berkembang, link building merupakan salah satu komponen kunci dalam strategi SEO. Namun, saat persaingan semakin sengit di ranah link building, penting untuk mencari peluang yang belum dieksplorasi dan mengidentifikasi strategi yang dapat memberikan keunggulan kompetitif.

Salah satu pendekatan yang efektif adalah dengan menggunakan apa yang dikenal sebagai strategi “Blue Ocean” dalam link building.

Artikel ini akan membahas tentang apa itu strategi Blue Ocean Link Building dan bagaimana cara melakukannya agar Anda dapat mengambil langkah-langkah tepat untuk mencapai hasil yang optimal.

Apa Itu Blue Ocean Link Building?

Strategi Blue Ocean link building mengacu pada pendekatan yang menghindari persaingan langsung dengan pesaing dalam upaya memperoleh tautan balik (backlinks). Sebaliknya, strategi ini mencari peluang yang belum dieksplorasi di dalam “samudera merah” link building yang penuh persaingan, dan menciptakan “samudera biru” baru di mana Anda dapat mendapatkan tautan tanpa persaingan yang ketat.

Langkah 1: Pemahaman yang Mendalam tentang Industri dan Pesaing

Untuk mengidentifikasi peluang Blue Ocean, Anda perlu memahami industri Anda dengan baik. Ini termasuk pemahaman tentang tren, pemain utama, dan praktik link building yang umum digunakan oleh pesaing Anda. Lakukan riset pasar yang komprehensif untuk mengidentifikasi segmen yang kurang mendapat perhatian dari pesaing Anda.

Langkah 2: Analisis Tautan yang Ada

Salah satu langkah awal yang dapat Anda ambil adalah menganalisis tautan yang telah dibangun oleh pesaing Anda. Identifikasi tautan yang mengarah ke situs web mereka dan periksa sumber tautan tersebut. Apakah ada peluang yang belum dimanfaatkan oleh pesaing Anda? Tautan mana yang dapat menjadi sasaran potensial untuk Anda?

Langkah 3: Pencarian Platform Alternatif

Selain mencari tautan dari situs web pesaing, Anda juga dapat mencari platform alternatif yang dapat memberikan tautan berkualitas. Cobalah untuk berpikir di luar kotak dan pertimbangkan sumber daya seperti blog, forum, dan direktori yang mungkin kurang dikenal oleh pesaing Anda. Pemilihan platform yang jarang digunakan oleh pesaing dapat memberikan keunggulan besar.

Langkah 4: Konten yang Berkualitas

Membuat konten yang berkualitas tetap menjadi kunci dalam link building. Setelah Anda mengidentifikasi peluang tautan, pastikan konten yang Anda tawarkan bermanfaat dan relevan untuk audiens yang Anda targetkan. Konten yang unik dan menarik akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan tautan dari sumber-sumber yang Anda incar.

Langkah 5: Pemahaman Algoritma Mesin Pencari

Pahami bagaimana algoritma mesin pencari bekerja dan bagaimana mereka menilai tautan. Menghindari praktik spam dan fokus pada tautan berkualitas adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang baik. Pastikan bahwa tautan yang Anda peroleh adalah tautan yang sah dan relevan.

Kesimpulan

Strategi Blue Ocean link building adalah pendekatan cerdas untuk mengidentifikasi peluang tautan yang belum dieksplorasi oleh pesaing Anda. Dengan pemahaman yang mendalam tentang industri Anda, analisis tautan pesaing, dan upaya menciptakan sumber tautan baru, Anda dapat mencapai hasil yang optimal dalam upaya link building Anda.

Ingatlah bahwa kunci utama adalah fokus pada kualitas, bukan kuantitas tautan. Dengan implementasi yang bijak, Anda dapat menciptakan “samudera biru” link building yang memberikan keunggulan kompetitif dalam upaya SEO Anda.

Follow akun instagram kami di @amsa.studio dan dapatkan informasi-informasi menarik seputar Amsa Studio dan kabar digital marketing. Jika anda membutuhkan team SEO untuk perusahaan, silahkan gunakan jasa SEO kami. Dapatkan jasa SEO dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved