Ketahui Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow

Dalam dunia digital marketing dan SEO, penggunaan tautan atau link sangatlah penting. Dofollow dan Nofollow adalah dua jenis tautan yang umum digunakan. Memahami perbedaan antara keduanya adalah kunci untuk mengoptimalkan strategi SEO Anda.

Artikel ini akan membahas seputar kedua jenis tautan tersebut, mulai dari menguraikan definisi, perbedaan, hingga pengaruhnya dalam lingkup SEO. Mari simak ulasan lengkapnya!

Apa itu Dofollow dan Nofollow?

dofollow dan nofollow

Dofollow adalah jenis tautan yang memungkinkan mesin pencari untuk mengikuti link ke halaman yang terhubung. Ini berarti, jika suatu situs memberikan tautan dofollow ke situs lain, ia memberikan suara kepercayaan kepada situs tujuan tersebut.

Mesin pencari menganggap tautan dofollow sebagai rekomendasi atau dukungan terhadap kualitas situs yang ditautkan.

Sementara itu, nofollow adalah tautan yang memberi tanda kepada mesin pencari untuk tidak mengikuti link tersebut. Tautan nofollow tidak memberikan nilai SEO yang sama seperti tautan dofollow.

Tujuan umum dari penggunaan tautan nofollow adalah untuk menghindari memberikan dukungan SEO kepada situs lain atau untuk mengendalikan lalu lintas ke situs eksternal.

Perbedaan Dofollow dan Nofollow

Perbedaan antara dofollow dan nofollow dapat dilihat dari beberapa aspek. Adapun beberapa aspek perbedaan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Tujuan

Tujuan utama penggunaan dofollow adalah untuk memberikan dampak positif pada peringkat sebuah situs web di Search Engine Results Page (SERP). Google memandang atribut ini sebagai alat untuk membangun otoritas dan relevansi situs.

Sebaliknya, tujuan utama penggunaan nofollow adalah untuk mengendalikan pagerank dan tidak memberikan dampak langsung pada peringkat situs web.

2. Nilai SEO

Dofollow memiliki nilai yang berdampak secara langsung pada SEO. Robot pengindeks menggunakan tautan dofollow untuk menjelajahi dan mengindeks halaman yang terhubung, serta memberikan otoritas pada situs tersebut.

Sementara itu, nofollow tidak memberikan dampak langsung pada SEO karena robot pengindeks mengabaikan atribut ini saat menjelajahi situs.

3. Crawling

Dofollow dan nofollow mempengaruhi cara robot pengindeks menjelajahi situs. Robot pengindeks akan mengikuti tautan dofollow untuk menemukan informasi dan mengindeks halaman yang terhubung. Di sisi lain, tautan nofollow tidak dijelajahi oleh robot pengindeks saat proses crawling.

4. Indexing

Halaman situs web yang menggunakan tautan dofollow akan diindeks oleh mesin pencari dan dapat muncul dalam hasil pencarian. Tautan nofollow tidak diindeks secara langsung oleh Google kecuali jika memiliki sumber lain yang mengarah ke halaman tersebut.

5. Atribut Anchor Tag

Tautan dofollow tidak memerlukan atribut khusus pada tag anchor. Sebaliknya, tautan nofollow membutuhkan atribut “rel=nofollow” pada tag anchor untuk memberi instruksi kepada robot pengindeks bahwa tautan tersebut harus dianggap sebagai nofollow.

6. Rasio Backlink

Untuk meningkatkan nilai SEO dan peringkat situs web, backlink yang dimiliki seharusnya memiliki jumlah tautan dofollow yang lebih dominan daripada tautan nofollow.

Pengaruh Dofollow dan Nofollow dalam SEO

Pengaruh dari tautan dofollow dan nofollow dalam SEO sangat berbeda. Tautan dofollow secara langsung memengaruhi peringkat situs web di Search Engine Results Page (SERP) karena mesin pencari seperti Google menganggapnya sebagai rekomendasi atau dukungan terhadap kualitas situs yang ditautkan. Dengan tautan dofollow yang berkualitas, situs web dapat memperoleh otoritas dan peringkat yang lebih baik.

Di sisi lain, tautan nofollow tidak memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan peringkat situs web karena mesin pencari mengabaikannya saat menghitung otoritas atau relevansi situs. Meskipun demikian, tautan nofollow tetap memiliki nilai karena dapat membantu dalam diversifikasi profil tautan situs, mengarahkan lalu lintas, dan memperluas jaringan situs web.

Kombinasi yang seimbang antara tautan dofollow dan nofollow dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi situs web. Tautan dofollow membantu dalam memperkuat otoritas situs dan peningkatan peringkat, sementara tautan nofollow memainkan peran dalam menciptakan keberagaman tautan, mengendalikan lalu lintas, dan membangun profil tautan yang sehat.

Dalam praktiknya, memahami perbedaan dan pengaruh keduanya dapat membantu dalam merancang strategi tautan yang lebih efektif untuk meningkatkan kredibilitas dan peringkat SEO suatu situs web.

Optimalkan SEO pada Website Anda bersama Amsa Studio!

Kinerja SEO yang baik pada website mungkin jadi tujuan Anda. Untuk itu, Amsa Studio hadir dan menawarkan jasa SEO terbaik untuk Anda. Amsa dapat membantu untuk merancang strategi yang efektif untuk meningkatkan kredibilitas dan peringkat situs web Anda. Kunjungi website Amsa Studio untuk mendapatkan penawaran terbaik sekarang!

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved