4 Fungsi Konten Instagram Untuk Bisnis dan Jenis-jenisnya yang Wajib Kamu Ketahui!

fungsi konten instagram

Fungsi Konten Instagram Untuk Bisnis Anda – Instagram saat ini sudah menjadi salah satu media sosial terbesar di dunia. Media sosial yang tergabung dalam induk perusahaan bernama Meta bersama Facebook, WhatsApp, dan sebgainya tersebut sekarang telah digunakan oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Karena adanya konektivitas antara Facebook, Instagram, dan WhatsApp, platform media sosial ini semakin kuat. bahkan bisa dikatakan bahwa media sosial dari Meta adalah media sosial yang paling utama dan wajib untuk dimiliki semua orang.

Karena begitu banyaknya pengguna media sosial instagram, maka jelas bahwa hal tersebut bisa menjadi peluang bagi para pelaku bisnis. Para pelaku bisnis dapat dengan leluasa membangun media komunikasinya melalui Instagram.

Dalam artikel ini team Amsa Studio akan membagikan kepada kalian semua tentang fungsi konten instagram untuk bisnis dan jenis-jenis kontennya. Hal tersebut kami lakukan agar kita semua bisa saling belajar dan dapat meningkatkan pemahaman kita semua tentang digital marketing.

Fungsi Konten Instagram

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, bahwa media sosial Instagram saat ini telah digunakan oleh sebagian masyarakat di seluruh dunia. Banyaknya pengguna tersebut kami sebut sebagai float traffic.

Float Traffic merupakan pengguna aktif Instagram secara umum yang malakukan browsing di dalam aplikasi tersebut. Entah sekedar scrolling atau membuat konten berupa feed, IGTV, reels, atau story.

Meningkatkan Penjualan

Dalam konteks ini, fungsi konten instagram adalah untuk mendapatkan float traffic tersebut dan mengubahnya menjadi potential traffic yang bisa anda jadikan sebagai calon pelanggan anda.  Dengan begitu, bisnis anda tentu saja akan semakin lancar karena banyak mendapatkan pelanggan baru.

Namun perlu diketahui bahwa untuk dapat menarik perhatian pengguna instagram tidaklah mudah. Namun yang pasti adalah anda harus memiliki konten instagram yang bagus dan menarik perhatian.

Brand Awareness

Selain untuk mendapatkan potential traffic, fungsi konten instagram juga digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Hal tersebut karena sudah jelas bahwa konten instagram dapat menjadi media komunikasi visual yang sangat mudah untuk dicapai. Selain itu, anda bisa mencerminkan gaya bisnis anda kepada para pelanggan, entah berbentuk elegan, kasual, atau hiburan.

Untuk mendapatkan brand awareness ini terkadang konten instagram anda harus berfariasi. Jangan sampai para pengikut akun instagram anda malah menjadi bosan dengan gaya desain konten instagram anda tersebut.

Bentuk Digital Bisnis Anda

Terkadang masih banyak yang tidak menyadari bahwa ternyata saat ini bagi pelaku bisnis, Instagram tidak hanya sekedar media sosial melainkan bentuk digital dari bisnis yang mereka kelola. Hal tersebut karena para pengikut akan memperlakukan akun Instagram anda tersebut sebagai representasi dari bisnis anda.

Karena itu maka sangat diupayakan untuk tidak sembarangan dalam membuat konten-konten instagram. Jika anda salah membuat konten, maka bisa saja banyak pelanggan anda akan lari atau malah membenci bisnis anda.

Kejadian seperti ini sangat sering terjadi di Indonesia, tidak hanya Instagram, tapi media sosial secara umum seperti Facebook dan Twitter. Beberapa tahun lalu misalnya, CEO Bukalapak membuat tweet yang berkaitan dengan pilpres, yang di mana waktu itu situasinya sangat genting. Dari tweet tersebut, direspon dengan ribuan orang melakukan uninstall aplikasi Bukalapak dan jelas saja setelah itu performa mereka sangat menurun tajam.

Media Kampanye

Salah satu fungsi konten instagram bagi bisnis adalah sebagai media kampanye produk atau layanan bisnis anda. Sebagai contoh, misal anda ingin membuat promo menarik tentang produk dan layanan, maka anda harus membuat konten yang semenarik mungkin bagi pengikut akun instagram anda.

Selain itu, jika anda ingin beriklan di instagram hal yang paling utama adalah anda harus membuat media promosi tersebut. Nah media promosi ini bisa kamu ambil dari konten yang sudah dipublikasi atau dari media yang samasekali tidak anda publikasikan di akun Instagram anda.

Jenis-jenis Konten Instagram

Selain perlu mengetahui fungsi konten instagram, anda juga harus mengetahui jenis-jenis konten intagram yang harus anda gunakan agar meningkatkan performa digital marketing anda. Adapun beberapa jenis konten Instagram adalah sebagai berikut;

Soft Sale

Soft sale atau menjual dengan cara yang halus adalah jenis konten instagram yang bisa sangat membantu anda untuk mendapatkan pengikut. Bentuk dari soft sale ini adalah membuat konten yang mungkin samasekali tidak berkaitan dengan produk.

Bisa saja anda membuat konten yang berkaitan dengan tips-tips tertentu, motivasi, atau informasi yang berkaitan atau tidak berkaitan dengan produk.

Seperti contoh jika bisnis anda berkaitan dengan travel, maka buatlah soft sale tentang indahnya destinasi wisata di Indonesia tanpa memberikan harga paket di dalamnya. Selain itu juga bisa membuat design yang berkaitan dengan motivasi untuk hidup bebas dan berbahagia dengan cara traveling.

Hard Sale

Berbeda dengan soft sale, hard sale ini lebih kepada jualan secara langsung. Di dalam konten tersebut anda bisa langsung memasukkan harga, kontak, atau sebagagainya. Warna yang digunakan juga cenderung warna-warna cerah yang mengundang keceriaan dan yang paling jelas mudah harus mudah dibaca dan pahami.

Fungsi konten instagram hard sale ini agar dapat anda bisa secara langsung mencapai pelanggan potensial yang bisa menjadi pelanggan anda. Dengan begitu, penjualan anda bisa meningkat dan profit anda semakin tinggi.

Penutup

Itu tadi artikel dari kami tentang 4 fungsi konten instagram untuk bisnis dan jenis-jenisnya yang wajib kamu ketahui. bagi anda yang membutuhkan team design media sosialnya bisa menghubungi kami. Amsa Studio menyediakan jasa konten instagram yang sudah berpengalaman dan dijamin berkualitas.

 

Banner penawaran amsa

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Our Service

Most Recent Posts

PT. AMSA DIGITAL MEDIA

Jl. Rungkut Asri Utara XIX No.80, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya City, East Java 60293

Phone: (031) 87862424

© 2019 PT Amsa Digital Media all rights reserved